Tekno  

Cuma 8 Jutaan Bisa Punya HP Lipat yang Resmi Dijual di Indonesia

HALOSMI.COM- Di tahun ini, setidaknya ada lima smartphone lipat yang resmi dijual di Indonesia. Harganya beragam dari 8 jutaan sampai Rp29 jutaan pun ada di pasaran. Mau tahu ada apa saja?

Berikut ini jajaran smartphone lipat yang resmi diluncurkan di Indonesia sepanjang tahun 2023.

1. Samsung Galaxy Z Flip5

Samsung memang rutin bawa ponsel flagship-nya ke Indonesia tiap tahun, tak terkecuali jajaran smartphone foldable mereka, Z Flip dan Z Fold Series. Samsung Galaxy Z Flip5 resmi dijual di Indonesia pada Agustus lalu, sebulan setelah debut di galaxy Unpacked 2023.

Smartphone ini tampil dengan desain yang beda dari sebelumnya, terutama pada sektor cover screen. Kini, layar bagian luarnya lebih luas, tepatnya menjadi 3,4 inci dengan panel Super AMOLED yang sudah beresolusi 720 x 748 piksel.

Layarnya bisa memuat lebih banyak informasi, tak cuma notifikasi saja. Kalian bisa membuka aplikasi, mengatur widget, hingga menyetel animasi lucu pada Flex Window di Samsung Galaxy Z Flip5.

Spek lainnya, Samsung Galaxy Z Flip5 punya layar bagian dalam yang masih sama dengan sebelumnya, Dynamic AMOLED 2X seluas 6,7 inci dengan resolusi Full HD+, mendukung refresh rate 120Hz, dan mengantongi sertifikat HDR10+.

Di sektor dapur pacu, Samsung Galaxy Z Flip5 ditenagai prosesor Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy yang dipadukan dengan RAM 8 GB dan kapasitas baterai 3.700 mAh. Memori penyimpanannya minimal 256 GB dan maksimal 512 GB, ya Samsung menghilangkan opsi kapasitas memori 128 GB untuk Galaxy Z Flip5.

Untuk kamera, masih sama dengan sebelumnya. Ada sepasang kamera 12 MP di belakang dengan lensa wide dan ultrawide, serta kamera selfie 12 MP.

Di Indonesia, kini harga Samsung Galaxy Z Flip5 dijual mulai Rp14.999.000 untuk versi 8/256 GB dan Rp16.499.000 untuk versi 8/512 GB.

Pilihan warnanya seabreg, yakni Gray, Blue, Green, dan Yellow yang hanya bisa dibeli via situs resmi Samsung Indonesia, serta warna Mint, Graphite, Lavender, dan Cream.

2. Samsung Galaxy Z Fold5

Di saat yang sama, Samsung Galaxy Z Fold5 pun ditebar ke pasaran. Secara tampilan memang tak ada yang berbeda, kecuali jeroannya. Bagian engsel, Samsung mengadopsi teknologi Flex Hinge, mekanisme engsel yang lebih rapat dan minim jejak lipatan.

Berkat Flex Hinge, dimensi Samsung Galaxy Z Fold5 juga lebih ringan dan tipis dari sebelumnya. Di bagian layar, kurang lebih sama spesifikasinya dengan Galaxy Z Fold4.

Ponsel ini dibekali layar Dynamic AMOLED 2X seluas 7,6 inci di bagian dalam. Resolusinya 1.812 x 2.176 piksel dengan refresh rate 120Hz, HDR10+, sampai lapisan kaca Gorilla Glass Victus 2 yang tangguh.

Di bagian cover screen, Samsung Galaxy Z Fold5 menawarkan layar berpanel serupa seluas 6,2 inci dengan resolusi 904 x 2.316 piksel. Fitur-fiturnya sama seperti layar bagian dalam, menyuguhkan visualisasi yang maksimal saat kalian menikmati konten maupun bermain game.

Sama dengan Z Flip5, dapur pacu ponsel ini ditenagai prosesor Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy, disandingkan dengan RAM 12 GB dan ruang memori mencapai 1 TB.

Di bagian kamera, ponsel ini dilengkapi kamera utama 50 MP dengan OIS, lensa telephoto 10 MP yang mendukung 3x optical-zoom, lensa ultrawide 12 MP, lalu ada kamera depan 10 MP, serta UDC (under display camera) 4 MP.

Samsung Galaxy Z Fold5 sekarang dibanderol dengan harga Rp24.999.000 untuk versi 12/256 GB dan Rp26.999.000 untuk tipe tertinggi 12 GB/1 TB.

Ponsel ini tersedia dalam lima opsi warna, Gray dan Blue yang khusus dibeli secara online, serta Icy Blue, Phantom Black, dan Cream.

3. Oppo Find N3 Flip

Berikutnya, ada smartphone clamshell pesaing Samsung Galaxy Z Flip5, Oppo Find N3 Flip. Smartphone ini dijual dengan harga yang sama dengan sang kompetitor.

Oppo Find N3 Flip memiliki layar LTPO OLED seluas 6,8 inci di bagian dalam, dan AMOLED sebesar 3,26 inci di luarnya. Layar utama ponsel ini beresolusi Full HD+ yang tajam atau 2.520 x 1.080 piksel dengan kerapatan 403 ppi.

Menariknya, pada cover screen, Oppo memungkinkan penggunanya untuk membuka lebih banyak aplikasi tanpa perlu membuka ponsel untuk mengakses layar bagian dalam. Aplikasinya gak cuma dari Google saja, third party apps pun bisa dibuka via cover screen-nya.

Ponsel ini diperkuat dengan engsel bernama Flexion Hinge. Berkat engsel ini, jejak lipatan pada main screen jadi lebih landai, bahkan nyaris tak terlihat.

Dengan engsel ini pula, Oppo Find N3 Flip bisa tahan 600 ribu siklus buka-tutup, bahkan 3 kali lipat lebih tangguh dari Samsung Galaxy Z Flip5.

Bicara speknya, Oppo Find N3 Flip ditenagai prosesor MediaTek Dimensity 9200 yang dipadukan dengan RAM LPDDR5X 12 GB dan penyimpanan UFS 4.0 256 GB. Ponsel ini ditopang oleh baterai 4.300 mAh dengan dukungan fast charging 44W.

Pada kameranya, Oppo Find N3 Flip jadi ponsel clamshell pertama dengan tiga kamera yang diracik langsung oleh Hasselblad. Ketiga kamera ini terdiri dari, sensor 50 MP Sony IMX890 pada kamera utama dengan dukungan optical image stabilization (OIS).

Kamera tersebut disandingkan dengan kamera ultrawide 48 MP yang punya cakupan gambar 114 derajat, serta kamera portrait 32 MP dengan 2x optical-zoom. Sementara di depan, tepatnya pada tengah atas layarnya, dibenamkan kamera selfie 32 MP.

4. Oppo Find N3

Smartphone tercanggih Oppo yang diboyong ke Indonesia, Oppo Find N3. Smartphone ini punya layar bagian luar dengan rasio yang setara dengan ponsel mainstream zaman sekarang, yakni 20:9.

Hal ini jadi salah satu kelebihan yang ditawarkan Oppo Find N3, dimana kalian jadi mudah mengoperasikan ponsel dengan satu tangan, dan tak perlu repot-repot menyesuaikan diri lagi gegara aspek rasio layar yang berbeda.

Speknya sendiri, Oppo Find N3 menampilkan layar berjenis LTPO3 OLED seluas 6,3 inci di bagian luar. Layar ini beresolusi 2.484 x 1.116 piksel, didukung refresh rate 120Hz, HDR10+, Dolby Vision, hingga intensitas cahaya yang menyentuh 2.800 nits.

Di dalam, terpampang layar 7,82 inci dengan resolusi 2.240 x 2.268 piksel. Teknologi layarnya dibuat serupa dengan cover screen, termasuk refresh rate hingga dukungan Dolby Vision dan HDR10+.

Oppo Find N3 juga dibekali engsel Flexion Hinge yang tangguh, bahkan lebih kuat dari para pesaingnya. Oppo mengklaim, Flexion Hinge di Find N3 bisa bertahan sampai 1 juta kali siklus buka-tutup, juga membuat jejak lipatan pada layar jadi nyaris tak kelihatan.

Oppo Find N3 ditenagai Snapdragon 8 Gen 2, RAM LPDDR5X 16 GB, memori penyimpanan UFS 4.0 512 GB, dan baterai 4.800 mAh yang mendukung fast charging 67W.

Di bagian kamera, Oppo Find N3 punya kamera Hasselblad dengan konfigurasi, kamera utama dengan sensor 48 MP Sony LYTIA-T808 yang sudah mendukung OIS, telephoto dengan lensa periskop 64 MP, ultrawide 48 MP, 20 MP pada cover screen, dan 32 MP di layar bagian dalamnya.

Di Indonesia, Oppo Find N3 dibanderol dengan harga Rp29.999.000, dan tersedia dalam dua tipe warna, Champagne Gold dan Classic Black dengan bodi belakang berbahaya dasar kulit vegan premium.

5. Tecno Phantom V Flip

Berikutnya, sekaligus ponsel lipat terakhir yang rilis tahun ini, Tecno Phantom V Flip. Smartphone ini juga jadi clamshell phone termurah yang dijual di Indonesia, lantaran harganya hanya Rp8.999.000, bahkan saat rilis perdana, harganya cuma Rp7.999.000.

Walau murah, Tecno Phantom V Flip tetap dibuat berkelas. Desainnya berkesan premium dengan dua opsi warna, Mystic Dawn dan Iconic Black, dimana bodinya menggunakan bahan dasar kulit vegan.

Smartphone lipat punya layar OLED berbentuk lingkaran di luarnya dengan luas 1,32 inci, yang uniknya terdapat LED flash pada bagian atasnya.

Layar ini interaktif, bisa menampilkan berbagai fitur, termasuk sebagai viewfinder saat selfie dengan kamera belakang. Widget-nya juga beragam, termasuk berbagai animasi hingga notifikasi aplikasi.

Tecno Phantom V Flip punya layar LTPO AMOLED di bagian dalam dengan ukuran 6,9 inci. Resolusinya Full HD+ dan sudah mendukung refresh rate yang adaptif dari 10Hz sampai 120Hz.

Walau nyaris dua kali lipat lebih murah dari Samsung Galaxy Z Flip5 atau Oppo Find N3 Flip, Tecno Phantom V Flip juga sudah mengusung mekanisme engsel gapless alias tak ada celah di antara layar ketika ponsel dilipat.

Memang ada yang harus ‘dikorbankan’ biar harganya tetap terjangkau. Dapur pacu salah satunya, karena ponsel ini ditenagai MediaTek Dimensity 8050 yang dipadukan dengan RAM 8 GB, ruang penyimpanan seluas 256 GB, serta baterai dengan kapasitas 4.000 mAh yang didukung fast charging 45W.

Soal kamera, ada kamera selfie 32 MP yang diletakkan pada lubang kamera di tengah atas layar. Di belakang, ada sepasang kamera yang terdiri dari sensor 64 MP sebagai kamera utama dan kamera ultrawide bersensor 13 MP.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *