“bjb

Daerah Penghasil Kopi Terbaik di Indonesia

Foto : Doc. Radar Garut

HALOSMI.COM- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyebut Indonesia merupakan negara tersebar ketiga sebagai produsen biji kopi, dan ini beberapa daerah penghasil kopi diindonesia.

Maka jangan heran kalau biji kopi asal Indonesia banyak diekspor ke berbagai negara sebab memiliki kualitas baik dan aromanya yang khas.

Beberapa jenis kopi lokal yang terkenal di antaranya ada Kopi Toraja, Kopi Flores, dan Kopi Gayo. Selain itu, ada sejumlah daerah lain di Indonesia yang dinobatkan sebagai penghasil kopi terbaik.

Ada banyak jenis kopi asal Indonesia yang mendunia. Biji kopi tersebut berasal dari berbagai daerah di Tanah Air.

Mengutip buku Ekspor Kopi oleh Busono Edi dan Dini Mardiani, berikut tujuh daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia.

1. Aceh

Aceh merupakan salah satu daerah penghasil kopi Arabika terbaik di Indonesia. Kondisi geografis yang berupa pegunungan dan perbukitan menjadikan Aceh memiliki kondisi lingkungan yang cocok untuk menanam kopi.

Adapun beberapa jenis kopi Aceh yang terkenal, yakni Kopi Gayo, Kopi Takengon, dan Kopi Bener Meriah.

2. Sumatera Utara

Daerah Sumatera Utara juga terkenal sebagai daerah penghasil kopi Arabika terbaik di Indonesia, lho. Salah satu biji kopi andalan dari tanah Sumatera Utara adalah Kopi Mandailing yang terkenal dengan karakteristiknya yang lembut dan pekat.

Biji kopi asal Sumatera juga dikenal memiliki ciri khas rasa dengan sentuhan cokelat dan rempah-rempah. Konon, hal ini dipengaruhi oleh sejumlah rempah yang tumbuh di sekitar biji kopi, seperti kayu manis, pala, dan cengkeh.

Selain Kopi Mandailing, ada juga beberapa jenis kopi asal Sumatera Utara yang juga terkenal, di antaranya ada Kopi Lintong dan Kopi Sidikalang.

3. Lampung

Selain dikenal sebagai penghasil kopi terbaik, Lampung juga dinobatkan sebagai daerah penghasil kopi terbesar di Indonesia.

Mengutip laman Badan Pusat Statistik (BPS), Lampung merupakan penghasil kopi terbanyak kedua di Indonesia dengan total produksi mencapai 124,5 ribu ton atau 15,6 persen dari total produksi kopi nasional. Sebagai informasi, produksi kopi Indonesia mencapai 794,8 ribu ton pada tahun 2022 lalu.

Jenis kopi yang terkenal di daerah Lampung adalah robusta, yang mana memiliki cita rasa yang lebih ringan dan asam. Bubuk kopi robusta juga lebih halus dan memiliki aroma yang khas.

4. Bali

Bali juga dikenal sebagai daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia. Biji kopi yang diproduksi dari Bali dikenal sebagai biji kopi premium yang laris di pasar internasional. Hal ini karena biji kopi asal Bali punya cita rasa dengan aroma kayu asap yang segar dan warnanya pekat.

Biji kopi asal Bali lebih banyak tumbuh di dataran tinggi dekat dengan gunung berapi. Hal ini membuat biji kopi mendapat unsur hara berlimpah dan membuatnya matang secara perlahan. Akan tetapi, pasokan biji kopi asal Bali masih dilakukan dengan terbatas.

Biji kopi yang paling populer di Bali adalah biji kopi Kintamani yang memiliki cita rasa seperti dark chocolate dan rempah-rempah. Umumnya, para petani kopi di Bali akan mengolah biji kopi Kintamani dengan proses basah natural dan proses kering natural.

5. Flores

Flores dikenal sebagai penghasil kopi Arabika dan Robusta terbaik di Indonesia. Ciri khas dari biji kopi Flores adalah memiliki cita rasa yang khas dengan rasa sedikit pahit namun aromanya begitu kuat.

Biji kopi Flores ditanam pada ketinggian 1.200 hingga 1.800 meter di atas permukaan laut (mdpl), khususnya di kawasan Bajawa. Sebagai informasi, Flores dikelilingi oleh sejumlah gunung berapi yang masih aktif sehingga diyakini memperkaya karakteristik biji kopinya.

6. Sulawesi

Biji kopi asal Sulawesi terkenal dengan cita rasanya yang kuat dan memiliki tingkat keasaman medium (sedang), lalu rasa akhirnya yang lembut.

Beberapa jenis kopi Sulawesi yang terkenal di antaranya ada Kopi Toraja dan Kopi Kalosi. Tanaman kopi penghasil biji kopi tersebut ditanam pada dataran tinggi di sebelah tenggara pulau Sulawesi.

Bahkan, biji Kopi Toraja telah mendapatkan sertifikasi sebagai tumbuhan kopi yang ditanam pada area tinggi yang kualitasnya terjaga ketat. Biji Kopi Toraja juga dikenal sebagai biji kopi yang paling pas untuk dipanggang hingga tingkat dark roast.

7. Jawa Timur

Tak hanya memiliki banyak kuliner lezat, Jawa Timur juga dikenal sebagai penghasil kopi terbaik di Indonesia. Biji Kopi dari Jawa Timur diolah dengan proses basah atau wet-processed, salah satu biji kopi yang populer adalah Kopi Ijen yang tumbuh di sekitar pegunungan Ijen.

Biji kopi yang dibudidayakan di Jawa biasanya ditanam pada ketinggian 1.400 mdpl. Ketinggian ini menjadi lokasi yang tepat untuk mengembangkan kopi jenis arabika yang biasa tumbuh pada 750 – 1.550 meter di atas permukaan laut.

Sebagai informasi, biji kopi dari Jawa Timur sudah mulai tumbuh sejak abad ke-17. Daerah-daerah yang disebut sebagai penghasil kopi terbaik di Jawa di antaranya Jampit, Blawan, Pancoer, dan Kayumas.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *