“bjb

Daftar Pemain Bola Dunia yang Tak Pakai Nama Asli

HALOSMI.COM- Sejumlah pemain sepakbola top dunia ternyata memilih tak menggunakan nama asli dalam berkarier di sepakbola. Tak heran, ketika nama aslinya disebut, sejumlah pihak kerap tak mengetahuinya. Tentu saja, ada sejumlah alasan melatarbelakangi hal tersebut.

Berikut 5 pemain sepakbola dunia yang tidak gunakan nama aslinya.

1. Ronaldinho

Salah satu pemain sepakbola dunia yang ogah gunakan nama aslinya adalah Ronaldinho. Pesepakbola legendaris asal Brasil ini ternyata memiliki nama asli Ronaldo de Asiss Moreira.

Asal mula dirinya dipanggil Ronaldinho berawal dari celetukan komentator saat dirinya berhasil mencetak gol pertama untuk Timnas Brasil pada 1999. Kala itu, komentator meyebutnya dengan Ronaldinho Gaucho.

Di Brasil, ‘inho’ memiliki arti ‘kecil.’ Dengan kata lain, nama Ronaldinho tercipta dari perpaduan kata ‘Ronaldo’ dan ‘inho’ yang jika diartikan menjadi Ronaldo kecil. Nama Ronaldinho tersebut melekat sejak sang bintang masih kanak-kanak karena dahulu ia memiliki tubuh yang kecil.

Sementara Gaucho, ini adalah sebutan untuk orang yang berasal dari daerah selatan Brasil yang merupakan wilayah asal dari Ronaldo de Assis Moreira. Nama Ronaldinho semakin melekat karena saat bergabung dengan Timnas Brasil ia berjumpa Ronaldo Luis Nazario de Lima.

Dibandingkan dengan Ronaldo Luis, Ronaldinho berusia lebih muda. Itulah mengapa orang-orang mulai mengenalnya dengan sebutan tersebut.

“Saat saya mencetak gol pertama untuk Timnas Brasil pada 1999, komentator memanggil saya dengan sebutan Ronaldinho Gaucho,” ujar Ronaldinho, dilansir dari Fourfourtwo.

“Hal ini karena saya berasal dari daerah selatan Brasil dan Ronaldo Nazario saat itu dipanggil Ronaldinho!” lanjutnya.

“Mereka selalu memanggil saya itu (Ronaldinho) ketika saya masih kecil karena saya benar-benar kecil, dan saya bermain dengan pemain yang lebih tua dari saya. Ketika saya sampai di tim nasional senior, ada Ronaldo lain, jadi mereka mulai memanggil saya Ronaldinho karena saya lebih muda,” jelas Ronaldinho dalam sebuah wawancara.

2. Pepe

Beralih ke sepakbola Portugal, ada Pepe. Dia juga ogah memakai nama aslinya untuk berkarier di sepakbola. Nama asli Pepe adalah Kepler Laveran de Lima Ferreira.

Ternyata, Pepe adalah pemberian dari sang ayah saat masih kecil. Alasannya adalah nama Kepler Laveran Lima Ferreira sulit diucapkan oleh orang Brasil. Pepe memang lahir di Maceio, Brasil, pada 26 Februari 1983.

Ayah Pepe, yang saat itu menjadi pelatih, menyarankan nama Pepe karena mudah mengucapkannya. Alhasil, nama itu terus digunakan sampai saat ini.

3. Franck Ribery

Lalu, ada Franck Ribery. Pemain sepakbola mualaf ini terlahir dengan nama Franck Henry Pierre Ribery. Namun, namanya berubah kala dirinya memeluk agama Islam pada 2002.

Nama Franck Ribery berubah menjadi Bilal Yusuf Mohamed. Tetapi, eks bintang Bayern Munich itu tetap memakai nama Franck Ribery yang memang sudah lebih dikenal dalam kariernya di sepakbola.

4. Kaka

Lalu, ada Kaka. Kaka bukanlah nama asli dari pemain bintang yang berasal dari Brasil itu. Nama aslinya ialah Ricardo Izecson dos Santos Leite.

Dari nama tersebut, tentu tak ada kata ‘Kaka’ yang dapat ditemukan. Lalu, bagaimana nama Kaka bisa melekat dalam diri pesepakbola kelahiran Gama 22 April 1982 itu?

Semuanya bermula dari masa kecil Kaka. Adik semata wayang Kaka, Rodrigo Manuel Izecson dos Santos atau yang akrab disapa Digao, kurang lancar dalam menyebut nama sang kakak. Digao kecil pun lebih sering menyebut ‘Caca’. Lama-kelamaan pelafalannya pun berubah menjadi ‘Kaka’.

Panggilan ini pun terus melekat pada diri Kaka sampai saat ini. Sosok mantan pemain Real Madrid itu bahkan lebih dikenal dengan nama Ricardo Kaka, ketimbang nama aslinya, Ricardo Izecson dos Santos Leite.

5. Pele

Kemudian, ada Pele. Pemain sepakbola yang satu ini juga merupakan sosok legendaris dalam sepakbola Brasil. Dia juga memiliki nama asli yang berbeda dari nama panggungnya, yakni Edson Arantes do Nascimento.

Ada beberapa versi tentang munculnya nama Pele. Bahkan, ada lima versi yang menyatakan asal usul munculnya sebutan Pele.

Salah satu versi yang paling muncul terkait nama Pele, berawal dari ejekan teman-temannya. Tepatnya, nama itu diambil dari sebuah gunung yang terletak di Pulau Kilauea yang berada dalam kawasan Kepuluan Hawaii.

Tetapi, versi lain muncul yang mana nama Pele diambil dari kata Peladas yang dalam bahasa Portugis. Pele memiliki makna botak, yang mengacu pada rerumputan tak rata di lapangan bola.

Namun, ada pandangan lain yang mengatakan Edson sering kesulitan menyebut nama Bile hingga menjadi Pele. Hal itu pun membuat teman-teman sekolahnya sering mengejek Edson dengan memanggil Pele.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *