Dampak El Nino, 4 Kecamatan di Kabupaten Sukabumi Krisis Air Bersih

Petugas PMI Kabupaten Sukabumi Melakukan Penyaluran Air Bersih di Desa Cijurey, Kecamatan Gegerbitung, Pada Jumat Siang (Sumber : HALOSMI.COM)
Petugas PMI Kabupaten Sukabumi Melakukan Penyaluran Air Bersih di Desa Cijurey, Kecamatan Gegerbitung, Pada Jumat Siang (Sumber : HALOSMI.COM)

HALOSMI.COM – Krisis di Kabupaten Sukabumi semakin meluas. Ribuan warga terdampak mulai mengandalkan distribusi air bersih untuk memenuhi kebutuhan konsumsi air bersih.

Staf Penanggulangan Bencana Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukabumi, Dikdik Maulana menyebutkan PMI Kabupaten Sukabumi telah melakukan distribusi sekitar 56 ribu liter air bersih di 3 Kecamatan yaitu Kecamatan Cicantayan, Cisaat dan Gegerbitung.

“Tadi siang kami lakukan distribusi 10 ribu liter air bersih ke wilayah Desa Cijurey, Kecamatan Gegerbitung,” kata Dikdik, Jumat 11 Agustus 2023.

Dari data yang didapat dari Kecamatan Gegerbitung sedikitnya terdapat 3 Kampung di Desa Cijurey yang meminta bantuan air bersih karena kondisinya sudah mulai kesulitan.

Tiga kampung tersebut yaitu Kampung Pasirkuda, Lembur Sawah dan Kampung Cisayang. Dari ketiga Kampung tersebut sedikitnya terdapat 785 jiwa yang krisis air bersih.

“Kami tadi suplai sekitar 10 ribu liter air bersih dan habis hanya dalam kurun waktu 2 jam,” jelas Dikdik.

Sementara itu, bantuan terhadap warga yang krisis air bersih pun dilakukan oleh Polres Sukabumi. Dengan menggunakan mobil Water Canon, polisi mendistribusikan air ke Kampung Cipatuguran, Desa Jayanti, Kecamatan Palabuhanratu pada Kamis 10 Agustus 2023.

Kapolres Sukabumi, AKBP Maruly Pardede mengungkapkan bahwa Polres Sukabumi telah menyalurkan 6.500 liter air bersih untuk masyarakat Cipatuguran.

“Kondisi kekeringan menyebabkan masyarakat banyak yang kekurangan air bersih, inisiatif ini adalah cahaya di tengah kekeringan,” pungkas Maruly.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *