“bjb

Dana Bansos Tahun 2024 Nyaris Rp500 T!

HALOSMI.COM- Anggaran program bantuan sosial (bansos) di tahun 2024 tercatat naik signifikan menjelang Pemilu pada Februari 2024 mendatang.

Diketahui, anggaran bansos yang diajukan pemerintahan Presiden Jokowi di tahun pemilu 2024 ini mengalami lonjakan hingga puluhan triliun dibanding tahun sebelumnya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan dana bansos tahun 2024 nyari Rp 500 triliun, nilai tersebut naik Rp 20 triliun dibandingkan anggaran serupa di APBN 2023, yaitu Rp 476 triliun.

“Tahun ini 2024 Bansos di dalam APBN kita nilainya Rp 496 triliun jadi beda Rp 20 triliun,” kata Sri Mulyani dalam konferensi pers Hasil Rapat Berkala KSSK, dikutip Selasa, 6 Februari 2024.

Sri Mulyani menegaskan bansos merupakan program yang memang sudah dianggarkan dalam APBN.

“Saya ingin menekankan pada teman-teman media, bansos itu adalah instrumen dalam APBN. APBN adalah undang-undang. Undang-undang APBN itu dibahas bersama seluruh partai politik, fraksi di Senayan dan sesudah menjadi undang-undang dia menjadi instrumen negara bersama,” kata dia.

Di lain kesempatan, Sri Mulyani mengungkapkan orang miskin atau tidak mampu perlu mengetahui sumber uang negara yang diberikan untuk bantuan sosial selama ini.

Hal ini dilakukan dengan memberikan edukasi soal Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Menurut Sri Mulyani, masyarakat harus tahu bahwa bantuan sosial mereka berasal dari pajak orang mampu atau kaya. Mereka harus ikut mengawasi APBN.

“Masyarakat juga akan ikut tentu mengawasi, ikut memiliki, karena mereka yang mampu membayar pajak dan tentu mereka ingin tahu uang pajaknya untuk apa. Sedangkan yang tidak mampu mendapat bantuan dari pemerintah dan mereka harus tahu uangnya dari mana,” tegasnya dalam Peresmian Rusunara PNS Kemenkeu di Jayapura, Papua, minggu lalu, 2 Februari 2024.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *