News  

Daun Bawang Memiliki 4 Manfaat Untuk Mencegah Penyakit Kronis, Peradangan Salah Satunya

Foto : Doc. Daun Bawang

HALOSMI.COM- Dalam masakan Indonesia, daun bawang bisa ditemukan di dalam martabak telur, sebagai bagian dari sup, atau sebagai bumbu tabur seperti pada soto. Selain mampu menyempurnakan rasa dari masakan, daun bawang juga bisa mencegah beberapa penyakit kronis yang ada.

Hal ini dikarenakan daun bawang memiliki kandungan baik seperti protein, serat, kalsium, magnesium, fosfor, vitamin B, vitamin C dan masih banyak lagi. Melimpahnya kandungan nutrisi tersebut, tak heran mengkonsumsi daun bawang mampu memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan.

Dikutip dari dilansir laman Genpi.co, berikut 4 manfaat dari daun bawang :

Menjaga Kesehatan Jantung 

Daun bawang memiliki kandungan mineral yang baik untuk jantung. Kandungan lainnya seperti kandungan kalium, magnesium, dan kalsium dalam daun bawang juga bisa menjaga tekanan darah yang bisa memengaruhi kesehatan jantung.

Selain itu, kadar kalium yang memadai pada tubuh juga penting dalam membantu perpindahan sinyal listrik pada sistem saraf dan jantung.

Mencegah Peradangan 

Kandungan quercetin dan Vitamin C pada daun bawang bisa mencegah peradangan yang membandel. Kandungan quercetin yang terdapat pada daun bawang ternyata memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya peradangan atau inflamasi.

Sedangkan kandungan vitamin C yang ada mampu memberikan manfaat sebagai antioksidan yang berperan aktif dalam memerangi peradangan.

Mencegah Kanker 

TIdak hanya mampu mencegah peradangan, kandungan quercetin yang ada di dalam daun bawang mampu mencegah penyakit kanker. Sebuah penelitan Curtin University pada tahun 2017 menyatakan bahwa quercetin dan flavonoid yang terdapat pada daun bawang memiliki sifat antiinflamasi, antimikroba, dan antikanker sehingga bisa membantu tubuh melawan pembentukan sel kanker.

Selain itu, penggunaan ekstrak daun bawang dianggap memiliki efektivitas yang lebih tinggi, jika ingin menggunakannya sebagai salah satu upaya pencegahan kanker.

Mengontrol Kadar Gula Darah 

Daun bawang sangat baik untuk kamu ataupun keluargamu yang memiliki penyakit diabetes. Didalam daun bawang ada kandungan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan.

Gula darah tinggi bisa meningkatkan potensi terjadinya stres oksidatif seperti radikal bebas, yang bisa mendorong perkembangan dari penyakit diabetes itu sendiri. Maka dari itu dengan mengonsumsi daun bawang yang kaya akan antioksidan bisa membantu mencegah radikal bebas sekaligus mengontrol kadar gula dalam darah atau diabetes.(*)

 

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *