Dibalik Baunya yang Menyengat, Jengkol Memiliki Manfaat yang Baik Untuk Kesehatan Lho!

Foto : Doc. Palpres

HALOSMI.COM- Jengkol merupakan buah yang dihasilkan oleh pohon dari kawasan tropis di Asia Tenggara, yaitu Archidendron pauciflorum atau yang disebut juga Archidendron jiringa, Walaupun olahan jengkol ini meninggalkan bau yang menyengat ketika dimakan, namun banyak orang yang menghiraukannya karena makanan satu ini sangat enak untuk di santap. Biasanya di kreasikan menjadi semur jengkol.

Dibalik baunya yang menyengat, banyak orang tidak mengetahui manfaat besar yang bisa di dapatkan pada saat memakan jengkol. Hal ini dikarenakan di dalam jengkol memiliki beragam kandungan yang baik untuk tubuh seperti kaya akan nutrisi.

Nutrisi yang terkandung dalam jengkol di antaranya seperti protein, serat, kalsium, fosfor, natrium, vitamin C, vitamin A dan berbagai nutrisi lainnya. Banyak manfaat jengkol yang baik untuk kesehatan, seperti 4 dibawah ini :

Menguatkan Tulang dan Gigi 

Jengkol mengandung zat besi, protein dan kalsium yang dibutuhkan oleh tulang. Oleh sebab itu dengan kita sering mengkonsumsi jengkol, bisa menguatkan tulang dan gigi kita. Sehingga mengkonsumsi jengkol dapat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tulang dan gigi.

Mencegah Anemia 

Zat besi yang terkandung di dalam jengkol tidak hanya berfungsi untuk meningkatkan kesehatan gigi, melainkan bisa juga berfungsi untuk mencegah anemia. Hal ini disebabkan zat besi yang ada mampu berperan aktif mencegah dan mengatasi kelurangan produksi sel darah merah dalam tubuh.

Mengatasi Penyempitan Pembuluh Darah 

Seseorang yang mengkonsumsi jengkol diolah setengah matang, itu akan mendapatkan manfaat yang satu ini. Selain zat besi, jengkol juga memiliki kandungan mineral yang mampu melebarkan pembuluh darah yang menyempit dan mencegah pembuluh darah menyempit kembali.

Sehingga mengkonsumsi jengkol mampu mengurangi risiko penyakit jantung karena aliran darah ke jantung menjadi lebih lancar.

Mencegah Radikal Bebas 

Radikal bebeas dapat menyebabkan penyakit kanker. Untuk mencegah kanker, jengkol adalah makanan yang tepat untuk di konsumsi. Seperti yang sudah di jelaskan, jengkol memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin C yang bermanfaat untuk mencegah radikal bebas yang membahayakan kesehatan.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *