Dijamin Tokcer ! Begini Cara Mengatasi Masuk Angin Dengan Cara Alami

Foto : Doc. Aladokter

HALOSMI.COM- Masuk angin adalah istilah yang dikenal oleh orang awam ketika kondisi tubuh sedang tidak enak badan, seperti pusing, mual, perut kembung, demam, hidung tersumbat, dan lain sebagainya. Banyak orang yang menyepelekan penyakit ini, padahal masuk angin bisa menjadi hal sederhana yang mengakibatkan kondisi gawat. Misalnya menyebabkan kondisi angin duduk atau serangan jantung.

Oleh karena itu, ketika kondisi sedang kurang fit akibat masuk angin, jangan remehkan atau mengabaikan pada gejala yang muncul. Kamu harus segera melakukan tindakan untuk meredakannya dengan cara yang alami. Jangan sekali-kali mengkonsumsi obat yangberlebih apalagi asal minum obat tanpa adanya resep dari dokter.

Ketika mengalami gejala masuk angin, kamu bisa lakukan 4 cara di bawah ini :

Konsumsi Minuman dan Makanan Hangat 

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengkonsumsi makanan khususnya minuman hangat. Hal ini untuk membantu meredakan mual yang sedang kamu rasakan. Biasanya dengan mengkonsumsi minuman hangat seperti teh manis hangat, jahe panas ataupun sekedar air hangat perut kembung dan rasa mual akan mereda. Hindari susu, kopi atau coklat karena dalam kondisi ini mungkin asam lambung sedang meningkat atau sensitif.

Sedangkan untuk makanan, pilih yang teksturnya tidak padat dan jenis makanannya tidak berat. Seperti sup, bubur atau sari kacang hijau. Cara ini bisa menghangatkan tubuh sekaligus menenangkan perut. Efek lain dari konsumsi makanan dan minuman hangat ini adalah memudahkan angin untuk keluar baik melalui buang gas atau dengan bersendawa.

Gosokan Minyak Herbal 

Setelah menghangatkan dalam perut, selanjutnya kamu bisa menghangatkan seluruh bagian tubuh luar kamu. Gunakan minyak herbal seperti minyak kayu putih, minyak angin atau jenis minyak herbal lainnya ke bagian punggung, pundak, tengkuk, perut dan kedua telapak kaki. Pada area kening, pelipis dan hidung bisa memberikan rasa rileks. Gunakan pakaian hangat setelahnya dan bila perlu, beristirahat sejenak.

Selain menghangatkan tubuh hal ini akan membantu tubuh mengeluarkan angin yang terjebak di perut dan meredakan kondisi lain seperti demam, tubuh ngilu atau menggigil.

Pijat 

Biasanya ketika kamu mengalami gejala masuk angin, tubuh akan terasa pegal. Maka dari itu setelah proses menggosokan minyak ke area tubuh, kamu juga harus melakukan pemijatan pada beberapa area seperti pundak dan punggung, sambil menggunakan obat gosok. Cara ini bisa menstimulasi peredaran darah dan agar angin bisa keluar dari dalam tubuh.

Pemijatan di area pinggang hingga kaki juga membantu meredakan pegal dan melancarkan peredaran darah. Metode tersebut bisa membantu orang yang mengalami masuk angin agar bisa beristirahat dengan lebih baik.

Istirahat yang Cukup 

Setelah tiga proses di atas sudah dilakukan, hindari untuk beraktifitas berlebih. Beristirahatlah terlebih dahulu dan pastikan kamu tidur yang cukup. Karena ketika masuk angin kamu perlu benar-benar menghentikan aktivitas. Misalnya saat sudah mulai demam menggigil atau keluar keringat dingin dan nyeri dada. Namun, jangan tunggu hingga gejalanya berat untuk istirahat.

Semakin dini, semakin mudah kita meredakan kondisi masuk angin. Dengan istirahat dan tidur cukup, merupakan sebagian dari obat dan kesembuhan.(*)

 

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *