Ragam  

Direkomendasikan Dokter Mata! Ini 4 Minuman yang Dapat Mengurangi Mata Buram

air lemon.

HALOSMI.COM – Konsultan katarak dan ahli bedah vitreoretinal, dr Rabia Bourkiza mengatakan bahwa air lemon dan jus bit mengandung lutein dan zeaxanthin, yang merupakan dua nutrisi penting yang membantu melindungi dari degenerasi makula dan katarak.

Menurut American Academy Of Ophthalmology, degenerasi makula adalah masalah yang terletak di dalam retina mata.

Kondisi tersebut menyebabkan orang kehilangan penglihatan sentralnya, yang berarti Anda dapat melihat angka pada jam, tetapi bukan jarum jam yang menunjukkan waktu.

Pada orang yang sudah berusia di atas 50 tahun, degenerasi makula terkait usia sangat umum terjadi; bentuk yang paling umum adalah degenerasi makula terkait usia kering (AMD).

Degenerasi makula kering terjadi ketika makula menipis seiring bertambahnya usia dan gumpalan kecil protein, yang dikenal sebagai drusen, tumbuh.

Dilansir dari laman Daily Express, sampai saat ini diketahui masih belum ada cara untuk mengobati AMD kering.

Itulah sebabnya saran Dr Bourkiza untuk minum air lemon dan jus bit adalah kuncinya.

“Demikian pula, jus jeruk segar dan smoothie berry mengandung antioksidan yang dapat membantu melawan stres oksidatif yang pada akhirnya dapat menyebabkan kerusakan dan degenerasi mata,” tambah Dr Bourkiza.

Kerusakan mata

Katarak dapat disebabkan oleh kerusakan mata, atau usia yang lebih tua, yang menyebabkan pandangan berkabut.

NHS menjelaskan: “Katarak adalah saat lensa, cakram transparan kecil di dalam mata Anda, mengembangkan bercak keruh.

“Seiring waktu tambalan ini biasanya menjadi lebih besar menyebabkan kabur, penglihatan berkabut dan akhirnya kebutaan.”

Biasanya muncul di kedua mata, katarak belum tentu berkembang pada waktu yang sama atau mempengaruhi mata dengan cara yang sama.

Siapa pun yang mengalami gejala berikut sangat disarankan untuk membuat janji temu dengan ahli kacamata.

Berikut ini 4 jenis gejala katarak pada mata manusia:

– Penglihatan Anda buram atau berkabut

– Anda menemukan lampu terlalu terang atau menyilaukan

– Anda merasa lebih sulit untuk melihat dalam cahaya redup

– Warna terlihat pudar.

Katarak semakin memburuk dari waktu ke waktu, layanan kesehatan nasional memperingatkan, sehingga pembedahan pada akhirnya akan diperlukan.

Mungkin ada risiko yang terkait dengan pembedahan, seperti penglihatan kabur, kehilangan penglihatan, dan retina terlepas.

Dr Bourkiza juga merekomendasikan untuk memperhatikan minuman manis, karena “berkontribusi besar pada kemungkinan tertular diabetes tipe 2”.

Dia memperingatkan bahwa diabetes tipe 2 “mungkin merupakan kondisi terkait diet terbesar yang mengancam penglihatan”.

Memperhatikan pola makan Anda juga berarti menjaga apa yang Anda makan sehari-hari.

“Roti putih, pasta, dan nasi putih dalam jumlah besar juga dapat memengaruhi mata karena dipecah menjadi gula, yang dapat menyebabkan penyakit mata diabetes dan degenerasi makula.”

Dr Bourkiza menambahkan: “Daging olahan seperti sosis dan bacon, makanan siap saji, dan gorengan semuanya tinggi garam dan lemak jenuh, yang dapat meningkatkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

“Ini dapat merusak pembuluh darah mata yang halus dan menyebabkan hilangnya penglihatan secara mendalam.” Sumber makanan yang baik untuk mata antara lain bayam, brokoli, kangkung, wortel, salmon, sarden, dan mackerel. (disway)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *