Ragam  

Gak Melulu Telat Haid itu Hamil, Bisa Jadi Karena Alasan ini !

Foto : Doc. Marshabeuty

HALOSMI.COM- Telat haid tidak selalu berkaitan sebagai tanda awal kehamilan. Sebab ada juga wanita yang mengalami telat haid tetapi tak kunjung hamil. Apalagi untuk kamu yang belum menikah jangan sampai berfikiran yang berlebihan jika kamu tidak merasa melakukan sebuah hubungan intim.

Untuk mengetahui penyebab telat haid ini sangat penting terutama jika kamu masih dalam usia produktif atau belum masuk ke fase perimenopouse. Dikhawatirkan terdapat gangguan kesehatan yang tidak terdeteksi. Namun bisa jadi , penyebab telat haid selain hamil dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, sebagai berikut.

 Stress Berlebihan 

Ketika kita memiliki tingkat stress yang berlebih, Hormon otak yang terganggu berisiko mengacaukan hormon lain dalam tubuh, emosi tidak stabil, menurunkan berat badan, sampai membuat siklus haid jadi berantakan. Hal ini dikarenakan pada saat stress itu akan memengaruhi cara kerja bagian otak yang bertanggung jawab mengatur hormon menstruasi yaitu hipotalamus.

 Obesitas 

Obesitas atau kelebihan berat badan dapat menyebabkan tubuh memproduksi hormon estrogen secara berlebihan. Kondisi ini memengaruhi siklus datang bulan jadi telat bahkan tidak terjadi sama sekali. Lakukanlah program diet agar bisa lebih mengatur pola makan. Kamu bisa konsultasikan terlebih dahulu ke dokter khusus untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut yang akurat.

 Berat Badan di Bawah Normal 

Berat badan di bawah normal bisa terjadi akibat pola diet yang salah, menderita gangguan makan seperti anoreksia nervosa atau bulimia. Ketika berat badan kurang, lemak dalam tubuh jadi sedikit dan bisa menghentikan ovulasi sehingga haid datang terlambat.

Kegiatan Fisik Terlalu Berat 

Kegiatan fisik yang terlalu membebani seperti olahraga berat, bisa membuat tubuh mengalami kelelahan. Aktivitas ini memicu turunnya kadar lemak, terkadang bisa memicu stress hingga mempengaruhi kekacauan hormon sehingga datang bulan tidak tepat waktu.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *