Gempa Bermagnitudo 3,5 SR yang Diduga Adanya Aktivitas Sesar Cimandiri Mengakibatkan Rumah Warga Cicantayan Rusak

SUKABUMI, HALOSMI.COM – Sebuah rumah warga di Kampung Cijabon, RT 20/07, Desa Cimahi, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, rusak akibat gempa bumi berkekuatan magnitudo 3,5 skala richter yang terjadi pada Minggu 27 November 2022, sekitar pukul 07.21 WIB.

“Diduga aktivitas Sesar Cimandiri, satu rumah milik bapak Dedi Juansyah mengalami rusak sedang di bagian dindingnya,” ujar Petugas Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Sandra Fitria Zulkarnain, dalam keterangannya, Senin 28 November 2022.

Sandra menegaskan, tidak ada korban jiwa maupun korban luka dalam peristiwa ini. Selain itu, pihaknya juga melalui Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Cicantayan sudah berkoordinasi bersama perangkat desa dan kecamatan. Kemudian Babinsa, Bhabinkamtibmas, Damkar,  Satpol-PP kecamatan, serta relawan guna assessment ke lokasi kejadian.

“Tak ada korban. P2BK Cicantayan sudah berkoordinasi dengan perangkat terkait dan memberi himbauan kepada masyarakat untuk tetap waspada,” tandasnya.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), melaporkan gempa berkekuatan magnitudo 3,5 skala richter terjadi Minggu (27/11), pukul 07.21 WIB. Gempa terjadi pada kedalaman 10 kilometer.

Gempa berada di 6.92 Lintang Selatan dan 106.79 Bujur Timur. Gempa dirasakan Skala Modified Mercalli Intensity (MMI) II-II di Gubung Guruh, MMI III Cibadak dan MMI II Bogor.

“Pusat gempa berada di darat 15 km Barat Daya kota Sukabumi,” tulis BMKG dalam akun twitter resminya. (*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *