Hadiri FPD Bidang Pengawasan Inspektorat Daerah Provinsi Jabar, Ini Tanggapan Pj Wali Kota Sukabumi

Penjabat (PJ) Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, saat memberikan sambutan dalam kegiatan Forum Perangkat Daerah (FPD) bidang pengawasan Inspektorat Daerah Provinsi Jawa Barat (Jabar), di salah satu hotel di Jalan Siliwangi, Kecamatan Cikole, pada Rabu 21 Februari 2024. Foto: Dokpim Kota Sukabumi.
Penjabat (PJ) Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, saat memberikan sambutan dalam kegiatan Forum Perangkat Daerah (FPD) bidang pengawasan Inspektorat Daerah Provinsi Jawa Barat (Jabar), di salah satu hotel di Jalan Siliwangi, Kecamatan Cikole, pada Rabu 21 Februari 2024. Foto: Dokpim Kota Sukabumi.

HALOSMI.COM – Penjabat (PJ) Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, menghadiri Forum Perangkat Daerah (FPD) bidang pengawasan Inspektorat Daerah Provinsi Jawa Barat (Jabar), di salah satu hotel di Jalan Siliwangi, Kecamatan Cikole, pada Rabu 21 Februari 2024.

Hadir dalam momen tersebut Sekretaris daerah Provinsi Jabar, Inspektur daerah Provinsi Jabar, Inspektur Daerah se-Jabar. Dalam kesempatan itu Pemerintah Kota Sukabumi mengucapkan terima kasih kepada Inspektorat Provinsi Jabar yang telah menyelenggarakan kegiatan FPD di Kota Sukabumi.

“Bagi kami ini merupakan suatu kehormatan dan kami ucapkan terima kasih kepada Inspektorat Provinsi Jabar yang telah menyelenggarakan kegiatan di Kota Sukabumi, yang merupakan kota dengan sejuta cinta dan sejuta cerita,” ujar Kusmana.

Semangat reformasi birokrasi yang masih berjalan dinamis sampai saat ini, kata dia, tentunya harus mampu bisa dimaknai sebagai upaya untuk membangun tata kelola pemerintahan yang menerapkan prinsip-prinsip transparansi dan akuntabilitas dalam rangka mencapai pemerintahan yang baik dan bersih.

“Hal tersebut dapat dicapai, apabila seluruh perangkat daerah, khususnya jajaran instansi pemerintah menyelenggarakan kegiatan pengendalian atas keseluruhan kegiatan,” jelasnya.

Kegiatan pengendalian diantaranya mulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai dengan pertanggungjawaban secara tertib, terkendali, efektif dan efisien. Termasuk didalamnya adalah pengawasan yang menjadi salah satu aspek pengendalian yang sangat penting, agar penyelenggaraan pemerintahan serta pembangunan daerah senantiasa berada pada jalur yang benar (on the track).

“Sesuai dengan pencapaian visi dan misi daerah, serta sejalan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” terangnya.

Ia menyampaikan, dalam pengawasan juga harus mampu mendongkrak kinerja pemerintah menjadi lebih baik, tentunya ditunjukkan melalui pelayanan publik yang cepat, tepat dan profesional, maupun sebagai bahan evaluasi atas penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah yang telah dilaksanakan.

“Selaras dengan itu atas nama pribadi dan pimpinan daerah saya memberikan apresiasi positif serta sangat mendukung FPD bidang pengawasan tahun 2025,” pungkasnya.

Sekedar informasi, Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi pada tahun 2023 mendapatkan nilai MCP KPK 91,73 persen peringkat nasional ke 72, kab/kota Jabar ke 2, SPI KPK 77,01 persen tertinggi se-Jabar, dan Puskesmas Selabatu mendapatkan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). (*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *