Haid Tidak Lancar? Yuk Konsumsi Makanan Ini

HALOSMI.COM- Banyak wanita sering mengalami gangguan pada siklus haid atau menstruasi, yuk Konsumsi makanan ini secara rutin dapat membantu melancarkan datang bulan.

Siklus reproduksi wanita biasanya berkisar pada 21-35 hari. Ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan keterlambatan menstruasi dan sebagian besar dapat menimbulkan rasa yang tidak nyaman.

Pada kondisi tertentu, keterlambatan menstruasi ini perlu dilakukan perlakuan khusus untuk memicu terjadinya menstruasi.

Secara alami menjaga keteraturan siklus menstruasi ternyata bisa dilakukan melalui asupan makanan tertentu yang tepat.

Selain memperbaiki pola hidup dan kebiasaan menjadi lebih baik, menjaga keseimbangan asupan makanan juga penting dilakukan.

Beberapa makanan yang direkomendasikan ahli ini cocok untuk dikonsumsi secara rutin guna melancarkan menstruasi.

Berikut ini 5 asupan makanan untuk melancarkan menstruasi:

1. Jahe

Jahe yang hangat di tenggorokan ternyata memiliki khasiat sebagai emmenagogue. Artinya konsumsi jahe secara rutin dapat membantu menstimulasi siklus menstruasi lebih cepat.

Cara konsumsinya dapat dilakukan dengan menyeduh parutan jahe dengan air hangat seperti teh. Untuk membuat rasanya lebih enak, kamu juga bisa menambahkan satu sendok makan madu yang manis.

Ketika dikombinasikan dengan madu, jahe dapat membantu meningkatkan suhu tubuh. Dampaknya ketika suhu tubuh meningkat ada kontraksi pada rahim untuk memicu menstruasi yang terlambat.

2. Gula merah

Dibalik rasanya yang manis dan legit, gula merah juga memiliki khasiat untuk kesehatan. Gula merah dapat membantu mengendalikan kadar zat besi di dalam tubuh.

Kecukupan zat besi akan mempengaruhi hemoglobin di dalam darah yang dampaknya memengaruhi siklus menstruasi. Caranya cukup mudah, gula merah dapat diracik dengan bahan-bahan lainnya sebagai minuman hangat.

Siapkan setengah sendok teh wijen, kunyit, hingga jahe. Aduk hingga merata dengan secangkir air hangat. Konsumsi racikan ini beberapa hari sebelum waktu menstruasi yang seharusnya dapat mempercepat datang bulan.

3. Buah bit

Warna merah merona pada bit menandakan kekayaan vitamin dan nutrisi di dalamnya. Buah bit mengandung mineral seperti kalsium, zat besi, dan asam folat yang dibutuhkan oleh organ reproduksi wanita.

Mencukupi mineral seperti yang disebutkan, dapat mengurangi rasa kembung dan pelepasan cairan di dalam tubuh. Kondisi ini yang akan membuat rasa tak nyaman muncul ketika wanita sedang menstruasi.

Terlebih lagi, mineral berupa zat besi begitu dibutuhkan oleh rahim untuk menjalankan fungsinya secara efektif. Untuk takaran porsinya cukup mengonsumsi 1 buah bit ukuran sedang atau 1 cangkir sedang jus buah bit.

4. Nanas

Nanas memiliki kandungan bromelain yang tidak ada pada semua jenis buah. Komponen ini berdampak pada lapisan rahim di mana dapat membantu mempertipis ketebalannya.

Menstruasi adalah kondisi di mana dinding rahim meluruh akibat tak ada pembuahan. Sehingga ketika lapisan dinding rahimnya terlalu tebal dapat mengganggu siklus menstruasi menjadi lebih lambat atau tak datang bulan sama sekali.

Konsumsi nanas secara rutin juga dapat membantu produksi sel darah merah dan sel darah putih. Keduanya dibutuhkan untuk meningkatkan aliran darah pada rahim sehingga menstruasi lebih lancar.

5. Kunyit

Kunyit termasuk dalam salah satu rempah Ayurvedic tertua yang diandalkan dalam berbagai keluhan. Kunyit juga dapat diandalkan sebagai emmenagogue atau menstimulasi menstruasi.

Asupan kunyit dengan segala kandungan mineral didapatkan berdampak pada peningkatan kadar progesteron dan estrogen di dalam tubuh. Kunyit juga dapat membantu memperbesar rahim dan mengirimkan sinyal bahwa rahim siap melakukan peluruhan.

Praktik mengandalkan kunyit sebagai racikan pemicu menstruasi juga awam di Indonesia. Biasanya dilakukan dengan ramuan jamu tradisional yang bisa dicampur dengan jahe, asam jawa, dan berbagai tambahan rempah lainnya.

Nah Itu Dia Beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi ketika Haid kamu tidak lancar, selamat mencoba ya!

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *