“bjb

Hal yang Harus Dihindari Pemilik Motor Listrik Kala Musim Hujan

HALOSMI.COM- Electric Vehicle (EV) atau kendaraan listrik telah dimulai di Indonesia.

Dimulai dari adopsi yang paling murah yakni sepeda motor, mobil sampai bus kota sebagai angkutan umum, sedikit banyak masyarakat mulai mengetahui dan tak sedikit yang menyatakan minatnya memiliki EV.

Di kota besar, banyak motor dan mobil listrik sudah terparkir di banyak tempat sebagai piranti mobilitas warga. Khusus untuk motor listrik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pemilik sepeda motor listrik.

Sebab beberapa komponen pada motor listrik rawan air, contohnya baterai dan motor elektrik.

Secara umum baterai motor listrik sangat awet asal pemiliknya tahu cara pakai yang baik.

Ada beberapa hal yang harus dihindari pemilik motor listrik kala musim hujan, berikut penjelasannya.

1. Asal terobos genangan air

Untuk diketahui, masing-masing merek motor listrik beda kemampuan terkena air. Ada motor listrik yang hanya didesain untuk menahan percikan air saja dan tidak mampu berjalan di bawah guyuran hujan lebat.

Model lain ada yang didesain secara maksimal punya kemampuan waterproof alias antiair, sehingga mampu dipakai berkendara di tengah hujan tanpa masalah.

Anda bisa spesifikasi dan kemampuan motor listrik dengan mencari informasi ke produsen atau dealer.

Mengetahui kemampuan motor listrik Anda buat menerjang hujan dan banjir adalah bekal pertama untuk menjaga diri tetap aman.

2. Tidak mengecek daya baterai sebelum berkendara

Pemilik dianjurkan selalu cek daya baterai sebelum berkendara. Ini tak peduli cuaca sedang baik atau tidak.

Mengingat daya baterai motor listrik terbatas dan belum banyak stasiun pengecasan super cepat di negara ini, ada baiknya Anda memiliki cadangan baterai untuk digunakan saat baterai habis.

Baterai cadangan penting buat situasi darurat atau untuk Anda yang berencana menempuh jarak cukup jauh. Berbagai motor listrik telah didesain sanggup membawa dua baterai sekaligus.

3. Membiarkan baterai kosong

Baterai merupakan sumber energi untuk suplai daya ke dinamo menggerakkan roda. Jika kamu membiarkan baterai motor listrik kamu kosong, maka kinerja motor akan menurun dan motor akan rentan rusak.

Segera lakukan pengisian daya baterai jika indikator baterai sudah menunjukkan 25 persen.

Langkah ini juga akan membantu untuk memperpanjang usia pemakaian baterai. Jangan biarkan baterai dalam kondisi kosong daya.

4. Tidak jaga jarak aman

Air hujan menyebabkan traksi ban ke aspal berkurang yang menimbulkan selip berujung celaka. Oleh karena itu jaga jarak setidaknya agar bisa melakukan pengereman dengan tepat.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *