“bjb

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Ketika Imlek, Membuat Sial!

HALOSMI.COM- Perayaan Imlek, dengan berbagai hidangan makan dan berbagai acara tradisi Imlek.

Ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat perayaan Imlek, apa saja simak dibawsh ya!

Saatnya mengucapkan selamat datang pada Tahun Naga Kayu.

Imlek biasanya merupakan hari libur terbesar dalam setahun di China – dan bagi sebagian orang, ini adalah satu-satunya saat mereka mendapat cukup cuti dari pekerjaan untuk melakukan perjalanan pulang mudik dan bertemu orang yang mereka cintai.

Meskipun demikian, masih banyak tradisi dan takhayul yang harus diikuti, semuanya bertujuan untuk memastikan tahun depan penuh keberuntungan dan sejahtera.

Misalnya, banyak orang sudah mengetahui bahwa warna merah diasosiasikan dengan keberuntungan dan kemakmuran, oleh karena itu semua warna menyala yang Anda lihat pada dekorasi dan pakaian Tahun Baru Imlek.

Apa saja yang tidak boleh dilakukan saat Imlek?

1. Tak boleh meminum obat
Meminum obat atau obat herbal di hari pertama Tahun Baru jadi pertanda akan sakit sepanjang tahun sehingga tabu dilakukan.

Bahkan di beberapa tempat di China, orang-orang akan memecahkan pot-pot obat mereka ketika bel tahun baru berdentum pada tengah malam, dengan harapan kebiasaan itu bisa menyembuhkan penyakit di tahun yang baru.

2. Tak boleh membersihkan rumah
Kegiatan menyapu atau membersihkan rumah diasosiasikan dengan “membuang keluar” kemakmuran dan keberuntungan.

Oleh karenanya, orang-orang China yang menyambut Tahun Baru Imlek akan membersihkan rumah mereka sebelum perayaan tahun baru itu sendiri.

Bahkan, semua alat pembersih rumah pun harus disingkirkan dan disembunyikan sebelum malam Tahun Baru, atas dasar kepercayaan bahwa keberadaan alat pembersih dalam rumah bisa mengurangi keberuntungan seseorang.

Meski membersihkan rumah masih diperbolehkan pada sehari setelah Tahun Baru, disarankan sampah yang terkumpul tidak melewati pintu depan rumah. Melanggar ini dipercaya akan membawa kematian pada salah seorang anggota keluarga.

3. Tak boleh bercerita tentang hantu
Kisah seputar hantu dan kematian juga dihindari pada malam Tahun Baru agar hal-hal buruk terkait kematian tidak terjadi pada tahun berikutnya.

4. Tak boleh keramas dan mencuci baju
Salah satu pantangan lainnya adalah tidak boleh mencuci baju pada hari pertama dan kedua Tahun Baru, karena dua hari tersebut dirayakan sebagai ulang tahun Shuishen, Dewa Air.

Sedangkan rambut tidak boleh dicuci pada hari pertama tahun baru Imlek. Pada bahasa Mandarin, rambut memiliki pengucapan yang serupa dengan kata “fa” yang berarti “menjadi kaya.”

Oleh karenanya, keramas atau mencuci rambut diasosiasikan dengan “mencuci” keberuntungan dan kemakmuran.

5. Tak boleh menangis
Menangis pada Tahun Baru Imlek dipercaya akan mendatangkan kesedihan sepanjang tahun.

6. Tak boleh meminjam uang
Meminjam uang menjelang Tahun Baru Imlek diasosiasikan dengan kehilangan harta. Keberuntungan dipercaya bisa hilang, baik bagi penagih utang maupun peminjam.

Menurut kepercayaan, memperbolehkan orang lain meminjam atau meminta uang juga diasosiasikan dengan kehilangan atau direbutnya harta dan rezeki oleh orang lain.

7. Dilarang memberi hadiah jam, payung, cermin atau sepatu
Dalam bahasa Mandarin, istilah “memberi jam” memiliki pengucapan yang serupa dengan “melayat.” Sedangkan payung diasosiasikan dengan perpisahan.

Cermin sendiri dipercaya memiliki kekuatan untuk menarik roh-roh jahat, dan sepatu memiliki konotasi negatif.

Daripada memberi hadiah berupa barang-barang tersebut, memberi hadiah berupa amplop merah yang berisi uang akan lebih diapresiasi dan dipercaya bisa mendatangkan keberuntungan bagi penerimanya.

8. Tak boleh mengenakan baju dengan warna hitam putih
Hitam dan putih adalah dua warna yang diasosiasikan dengan kegiatan melayat dan perasaan berduka. Oleh karenanya, hindari mengenakan pakaian dengan dua warna tersebut.

Di sisi lain, mengenakan baju berwarna merah dan memasang dekorasi berwarna merah di dalam rumah merupakan sesuatu yang disarankan.

 

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *