Ragam  

Happy Weekend ! Lakukan Hal ini Agar Tanamanmu Tidak Layu Saat di Tinggal Berlibur

Foto : Doc. Rukita

HALOSMI.COM- Hari libur adalah hari yang paling tepat untuk kita berpergian ke tempat yang kita sukai dengan orang yang kita cinta. Namun terkadang kita lupa ada banyak hal yang perlu diperhatikan saat meninggalkan rumah. Salah satunya adalah mengetahui cara meninggalkan tanaman hias saat liburan agar tidak layu dan tetap segar.

Baca juga : Walaupun Libur Kamu Masih Bisa Produktif Kok ! Berikut Kegiatan saat Weekend yang Tidak Membosankan

Jangan sampai tanaman-tanaman kesayangan kamu mati karena ditinggal berlibur. Maka dari itu kamu harus bisa menerapkan beberapa langkah agar meninggalkan tanaman dengan tenang.Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar tanaman tidak layu saat ditinggal liburan.

Sumbu

Tahukah kamu, menggunakan metode sumbu bisa membuat tanaman kamu akan tetap mendapatkan air yang cukup setiap harinya? Hal ini benar adanya, namun, untuk membuat penyiram air dengan metode sumbu diperlukan beberapa alat, yakni ember berisi air, sumbu, dan tali. Adapun langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Isi ember dengan air, usahakan memilih wadah yang tidak transparan agar tidak terkena cahaya matahari sehingga menimbulkan jamur atau ganggang.
  2. Potong sumbu yang disesuaikan dengan jarak gelas dan tanaman.
  3. Letakkan ember di tempat yang lebih tinggi dari tanaman.
  4. Masukkan ujung sumbu ke dalam ember dan ujung sumbu yang lain ke dalam tanah tanaman.
  5. Pastikan air yang tersedia di gelas cukup untuk menyirami tanaman. Semakin dekat jarak antara ember dan tanaman, maka pengairan akan semakin baik.

Es Batu 

Di kutip dari Southernliving, ternyata kamu bisa menerapkan metode penyiraman dengan es batu. Caranya, cukup dengan meletakkan es batu ke dalam pot tanaman. Dengan cara ini, air dari es batu akan membuat tanaman tetap basah. Anda bisa memilih es batu berukuran besar agar es meleleh perlahan-lahan.

Baca juga : Waktu Terbaik Posting di Facebook, Instagram, Twitter dan Youtube : dijamin Banyak Notice

Apabila cuaca tidak terlalu panas, metode ini dapat digunakan dalam 3-4 hari. Namun, hindari cara untuk tanaman hias tertentu seperti sukulen, kaktus, dan jenis tanaman hias yang tidak banyak memerlukan penyiraman.

Air dan Tatakan Pot

Mengisi air di tatakan pot merupakan metode penyiraman yang paling sederhana. Caranya hanya dengan menambahkan air pada tatakan pot. Metode ini dapat bertahan selama 2-3 hari.

Cara ini tidak hanya dapat membantu menahan air, tetapi juga dapat membuat tanaman tetap segar. Namun, metode ini tidak dapat digunakan oleh tanaman yang tidak memerlukan banyak penyiraman air.

Botol Plastik 

Gunakan sampah plastik bekas minuman untuk membuat tanamanmu tetap segar. Botol plastik bekas juga dapat dimanfaatkan untuk menyiram tanaman. Caranya dengan mengisi botol dengan air dan menutupnya dengan rapat.

Kemudian lubangi beberapa bagian dari botol tersebut dan tempatkan di pot tanaman. Selain mudah diterapkan, metode ini juga cukup efektif menyirami tanaman sekitar 4-5 hari.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *