Tekno  

Hati-hati Guys! Beredar Modus Penipuan Kurir Paket Lewat Pesan WhatsApp

HALOSMI.COM- Modus penipuan baru dengan berpura-pura menjadi kurir paket untuk mengelabui korban viral di media sosial. Tujuannya, data korban dicuri hingga membuat rekening bobol.

Unggahan tersebut pertama kali dibuat oleh akun Instagram @evan_neri.tftt pada Rabu 30 November 2022 .

Pelaku kemudian berpura-pura sebagai kurir J&T Express yang berusaha memverifikasi identitas penerima paket. Ia juga mengirimkan lampiran dengan nama file ‘LIHAT Foto Paket’. Padahal, ekstensi datanya bukan berformat foto melainkan Application Package File atau disebut APK.

Dalam kasus ini, Evan mengatakan korban terlanjur mengunduh file tersebut. Tanpa sadar, saldo di rekening langsung ludes seketika. Padahal korban mengaku tidak menjalankan atau membuka aplikasi apapun atau mengisi user id maupun password di situs lain.

“Diduga file yang dikirim oleh pelaku dan diunduh oleh korban tsb adaah exploit yang berjalan di latar belakang untuk mengambil data korban (seperti aplikasi perbankan yang dibuka oleh korban lalu mengintip user ID dan password), atau istilah dalam dunia hacking disebut SNIFFING,” ujar Evan.

Berdasarkan cerita korban-korban lain yang melapor kepada Evan, mereka mengaku tidak ada aplikasi yang terinstal di HP mereka. Kemungkinan besar, ini adalah malware RAT (Remote Administrator Tool). Jadi cara kerjanya adalah dengan me-remote HP korban dari jarak jauh dan beroperasi di balik layar.

Pihak J&T Express, yang namanya dicatut dalam kasus penipuan ini, mengatakan tidak pernah meminta pelanggan untuk mengunduh aplikasi melalui chat.

“Sprinter J&T Express 𝗧𝗜𝗗𝗔𝗞 𝗣𝗘𝗥𝗡𝗔𝗛 meminta J&T Friends untuk mengunduh aplikasi melalui Whatsapp atau chat. Aplikasi resmi kami hanya ada di App Store dan Play Store dengan nama pencarian ‘J&T Express’,” jelas perusahaan di akun Instagramnya, Sabtu 19 November 2022. (*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *