Hentikan Kebiasaan Ini agar Jerawat Cepat Sembuh

HALOSMI.COM- Masalah Kulit Paling dihindari adalah Jerawat selain menganggu penampilan di wajah jerawat juga sakit dan susah hilang bahkan ketika sembuh selalu meninggalkan jejak, Dari pada Bingung yuk kita hentikan kebiasaan ini agar Jerawat Cepat sembuh.

Jerawat muncul ketika pori-pori tersumbat kotoran, minyak, dan sel kulit mati. Seiring bertambah usia, jerawat dipicu oleh berbagai faktor lain termasuk fluktuasi kadar hormon. Meski berjerawat, perawatan wajah jangan sampai di Stop ya.

Hindari kebiasaan perawatan muka berikut agar jerawat tidak semakin parah.

1. Pilihan produk terlalu berminyak

Pilihan produk yang terlalu ‘berat’, berminyak, dan comedogenic akan menyumbat pori dan jerawat pun makin parah.

Sebaiknya, sisihkan dulu produk yang mengandung shea butter, cocoa butter, petrolatum atau minyak mineral. Sementara gunakan produk yang non-comedogenic dan water-based.

2. Malas membersihkan makeup

Makeup wajib dibersihkan sebelum tidur atau sebelum berolahraga. Kosmetik dapat memicu jerawat baru dan memperparah jerawat yang sudah ada.

Aplikasikan double cleansing untuk memastikan semua kotoran terangkat tanpa sisa.

3. Gonta-ganti perawatan jerawat

Karena produk yang sebelumnya kurang bekerja dengan baik, orang cenderung menggantinya dengan produk lain yang dirasa lebih ampuh.

Melansir dari laman American Academy of Dermatology (AAD), kebiasaan gonta-ganti produk skincare malah bisa memicu breakout.

Berikan waktu setidaknya 6-8 minggu produk bekerja. Kalau tidak menunjukkan hasil positif, Anda bisa mengganti dengan produk lain.

4. Pakai obat di jerawat di area berjerawat saja

Hal ini masuk akal di mana Anda menangani jerawat yang tampak. Namun kebiasaan ini tidak akan mencegah jerawat baru.

Anda dianjurkan untuk menggunakan obat jerawat tipis-tipis pada area-area yang rentan berjerawat. Langkah ini akan mencegah jerawat makin parah dan kemunculan jerawat baru.

5. Pakai makeup, brush, dan aplikator bergantian

Pemakaian makeup dan alat makeup bergantian rentan memicu jerawat baru dan memperburuk kondisi jerawat yang sudah ada. Jerawat tidak menular. Namun bakteri, minyak dan sel kulit mati bisa terbawa pada riasan.

Sebaiknya makeup dan alat makeup Anda gunakan untuk diri Anda sendiri.

6. Beberapa kali mencuci muka

Kebersihan wajah sangat penting apalagi berkaitan dengan jerawat. Namun bukan berarti Anda sah-sah saja mencuci muka beberapa kali untuk memastikan wajah tetap bersih.

Terlalu sering mencuci muka bakal memperparah iritasi kulit dan menyebabkan jerawat.

7. Menggosok jerawat

Beberapa produk mengandung scrub dan saat digunakan bisa meninggalkan rasa bersih menyeluruh. Produk ini baik digunakan tapi tidak dalam kondisi wajah yang meradang akibat jerawat.

Cuci muka dengan produk pencuci muka yang lembut dan bebas iritan seperti pewangi dan alkohol.

Nah itulah hal-hal yang perlu di hindari dan di hentikan ketika kita mengalami jerawat parah, agar mempercepat penyembuhan.

 

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *