Ragam  

Hindari Makanan Ini Demi Menjaga Gigi Sehatmu !

Foto : Doc. Klikdokter

HALOSMI.COM- Bakteri yang ada di mulut kita pastinya akan menjadi masalah yang serius jika kita sepelekan begitu saja. Berbagai masalah yang mengganggu layaknya bau mulut pastinya akan membuat seseorang merasa tidak percaya diri dengan orang lain atau bahkan kerusakan gigi yang membuat kamu tersiksa.

Biasanya bakteri yang terjadi karena asupan makanan yang kita konsumsi. Terutama makanan yang tidak sehat, keras dan manis itu akan membuat gigi kita mudah rusak. Berikut 4 jenis makanan yang dapat merusak gigi dan harus dihindari sebisa mungkin

Popcorn

popcorn sering jadi makanan yang dapat merusak gigi karena 2 hal : risiko sisa makanan terperangkap di sela-sela gigi dan biji jagung yang keras/ tidak matang. Akibatnya, terjadi penimbunan makanan dan risiko gigi patah saat tidak sengaja mengunyah bagian yang keras.

Es Batu

Sering mengunyah es batu bisa merusak lapisan enamel dan juga mengakibatkan resiko gigi retak atau patah. Sejatinya es batu terbuat dari air putih yang baik bagi kesehatan. Rasanya dingin dan garing yang bikin siapapun betah mengunyahnya seharian. Tapi, es batu bisa jadi salah satu contoh makanan yang dapat merusak gigi karena teksturnya yang keras tersebut.

Keripik 

Keripik terbuat dari bahan utama tepung pati yang akan berubah bentuk menjadi gula saat dikunyah dalam mulut. Sisa gula yang tersisa pada sela-sela gigi akan jadi makanan utama bagi bakteri di plak. Karena seseorang cenderung mengkonsumsi keripik dalam jumlah banyak, maka potensi kerusakan gigi juga semakin meningkat.

Permen Asam

Permen asam sering jadi cemilan populer bagi anak-anak dan juga orang dewasa. Bentuknya berwarna-warni dengan rasa asam manis yang enak. Tapi, harus berhati-hati karena permen asam juga adalah makanan yang merusak gigi.

Hal ini dikarenakan permen asam mengandung gula dan juga kadar asam yang tinggi. Makanan yang mengandung asam tinggi berpotensi mengakibatkan erosi atau pengikisan lapisan pelindung gigi (enamel). Kadar pH permen asam berada pada sekitar angka 5, sedangkan ketahanan enamel ada pada kadar asam pH 4. Jadi, saatnya berpikir dua kali sebelum mengkonsumsi makanan yang merusak gigi ini.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *