“bjb

Ingin Menggunakan Skincare Tapi Masih Ragu Karena Kulit Sensitif ? Yuk, Ikuti 4 Cara Ini

Foto : Doc. SinPo.id

HALOSMI.COM- Seseorang yang memiliki kulit sensitif biasanya seringkali mengalami ruam kemerahan, gatal, kering, perih, dan terkadang sensasi seperti terbakar. Hal ini membuat seseorang takut untuk menggunakan produk yang berhubungan dengan kulit wajah seperti halnya Skincare.

Hal ini dikarenakan ada beberapa hal yang bisa memicu kambuhnya gejala kulit sensitif, seperti debu, asap kendaraan, sengatan matahari, suhu dingin ataupun panas, hingga salah satunya kandungan bahan skincare tertentu.

Maka dari itu, sebetulnya sangat tidak apa-apa jika kamu ingin merawat kulit wajahmu yang sensitif dengan cara menggunakan Skincare. Namun, perlu untuk kamu bisa pintar memilih kandungan yang sesuai dengan kulit wajahmu. Jangan khawatir, artikel ini akan memberi tahu caranya agar kamu tidak salah beli skincare.

Uji Kecocokan Produk 

Karena kamu memiliki kulit yang sensitif dan rentan iritasi juga peradangan, maka langkah pertama yang harus kamu perhatikan adalah berhati-hati mengaplikasikan skincare ke kulit sensitif. Sebaiknya, oleskan sedikit produk ke kulit kamu terlebih dahulu. Kamu bisa mengoleskannya pada punggung telapak tangan, siku bagian dalam, ataupun kulit belakang telinga.

Tunggu hingga keesokan harinya, lalu perhatikan apakah gejala kulit sensitif muncul atau tidak. Jangan lanjutkan penggunaan skincare jika gejala kulit sensitif muncul. Namun, bila kamu tidak mengalami reaksi kulit apa pun, lakukan tes sekali lagi untuk memastikan kecocokan produk dengan kulitmu.

Pilih Produk yang Sesuai dengan Kondisi Wajahmu 

Sering kali kita diracuni oleh berbagai diskon yang ada sehingga menganggap semua skincare sama saja. Padahal tidak semua skincare cocok untuk semua jenis kulit. Apalagi untuk kamu yang memiliki kulit sensitif, cobalah untuk lebih teliti memilih produk.

Hindari kandungan skincare yang dapat mengiritasi kulit, seperti retinoid, alkohol, benzoil peroksida, antibakteri, deterjen, glycolic acid, dan sulfur. Sebaliknya, pilih produk dengan label hypoallergenic yang menandakan bahwa skincare tersebut tidak memicu reaksi alergi dan iritasi.

Gunakan Sunscreen 

Sunscreen adalah lotion pelindung dari sinar matahari yang bisa menyerap ke dalam lapisan teratas kulit untuk menyerap sinar matahari yang sudah masuk ke dalam kulit. Tak hanya untuk anggota tubuh, Sunscreen juga digunakan untuk melindungi kulit wajah.

Maka dari itu, pemilik kulit sensitif wajib menggunakan Sunscreen setiap berada di luar ruangan. Saat cuaca cerah ataupun hujan, kamu perlu menggunakan Sunscreen dengan SPF minimal 30. Sebaiknya, sunscreen yang dipilih juga mengandung mineral yang tidak mengiritasi dan reaktif terhadap kulit sensitif, seperti titanium dioxide dan zinc oxide.

Gunakan Pelembab 

Walaupun kamu sudah menggunakan Sunscreen di wajah, bukan berarti kamu tidak menggunakan pelembab. Pelembab adalah hal wajib yang harus selalu di aplikasikan untuk kulit wajah sensitif. Hal ini karena kulit kering dan pecah-pecah rentan terjadi pada sensitive skin maupun sensitized skin. Untuk mencegahnya, gunakan moisturizer alias pelembab secara rutin setiap hari.(*)

 

 

 

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *