Ini Alasan Turis Tertarik Liburan ke Indonesia

HALOSMI.COM- Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar yang ada di dunia. Sebagai negara kepulauan, tentu tak heran jika Indonesia memiliki banyak sekali wisata alam yang luar biasa. Hal inilah yang juga menjadi alasan turis tertarik liburan ke indonesia.

Tak hanya didominasi oleh turis lokal saja, tapi ada banyak turis asing yang tertarik mengunjungi Indonesia. Biasanya rata-rata turis asing tertarik liburan ke Indonesia karena alasan berikut ini.

1. Biaya yang Relatif Terjangkau

Biaya untuk akomodasi, makanan, dan transportasi di Indonesia relatif murah dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia.

Para turis asing, terutama dari negara maju, merasa memiliki dana liburan yang lebih cukup ketika di Indonesia berkat perbedaan kurs mata uang.

Faktor perbedaan kurs mata uang membuat harga di Indonesia lebih terjangkau dibanding negara lain, sehingga turis lebih suka berlibur di Indonesia daripada negara tetangga seperti Singapura atau Thailand.

2. Kaya Destinasi Wisata Alam

Para turis asing tertarik datang ke Indonesia untuk menikmati eksotisme alam yang mencakup pantai, pegunungan, kota metropolitan, dan bangunan bersejarah.

Meskipun Bali sudah lama terkenal, kini wisatawan asing menyadari keindahan alam Indonesia juga terdapat di pulau-pulau lain seperti Likupang, Labuan Bajo, Raja Ampat, Mandalika, Bunaken, dan Gunung Bromo.

3. Keragaman Budaya Tradisional

Indonesia, dengan luas wilayah dan banyaknya suku, ras, dan agama, menawarkan keberagaman budaya yang sulit ditemui di negara lain. Keberagaman ini mencerminkan toleransi dan kehidupan masyarakat lokal.

Faktor ragam suku bangsa juga menciptakan beragam seni dan budaya tradisional, seperti tarian, wayang, angklung, Tari Kecak dari Bali, dan banyak lagi.

Peninggalan budaya seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan, Pura Bali, serta tradisi seperti Upacara Ngaben, kain Batik, dan perkakas tradisional, semakin menambah daya tarik.

4. Masyarakat Lokal yang Ramah

Masyarakat Indonesia dikenal karena sikap saling menghargai, sopan santun, dan senyum yang ramah. Konsep “tamu adalah raja” tercermin dalam budaya lokal, di mana warga Indonesia merespons positif terhadap kedatangan wisatawan.

Turis asing merasa seperti di rumah sendiri karena keramahan dan kebaikan warga lokal. Turis asing menilai bahwa orang Indonesia lebih terbuka, ramah, dan murah senyum dibandingkan dengan beberapa negara lain.

5. Kuliner yang Enak

Kuliner menjadi alasan utama bagi wisatawan asing untuk berkunjung dan bahkan menetap di Indonesia. Keunikan kuliner Indonesia terletak pada kombinasi bumbu dan bahan yang menciptakan cita rasa yang memanjakan lidah.

Indonesia, sebagai negara penghasil rempah-rempah terbanyak, menjadikan rempah-rempah sebagai bahan penyedap rasa yang khas.

Keberagaman masakan khas daerah, seperti rendang, ayam betutu, gudeg Jogja, coto Makassar, tempe, bakso, mie tradisional, dan rujak, menarik minat para turis.

6. Iklim Tropis

Saat musim panas tiba, banyak destinasi wisata di Indonesia menjadi ramai dikunjungi. Meskipun masyarakat Indonesia cenderung malas untuk berjemur, turis asing justru mencari kehangatan matahari selama musim panas.

Turis asing, terutama yang berasal dari negara dengan musim dingin, memilih Indonesia karena mereka tidak menyukai wilayah yang berhawa dingin dan ingin menikmati musim panas yang panjang.

Indonesia, sebagai negara beriklim tropis dengan hanya dua musim, yakni musim kemarau dan musim penghujan, menawarkan sinar matahari sepanjang tahun.

7. Kemudahan Transportasi

Adanya berbagai layanan agrowisata di Indonesia memudahkan turis untuk melakukan perjalanan antar destinasi. Selain itu, transportasi umum di Indonesia semakin maju dan mudah diakses, termasuk pilihan penyewaan mobil dan sepeda motor harian.

Jasa transportasi online juga telah menjadi solusi yang mudah diakses dan digunakan untuk memesan transportasi. Kemajuan ini membuat perjalanan wisata menjadi lebih praktis dan terjangkau bagi para turis, terutama backpackers.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *