Ini Daftar Hari Peringatan di Tanggal 18 Agustus

(Sumber : Istimewa)
(Sumber : Istimewa)

HALOSMI.COM – Terdapat sejumlah momen penting yang diperingati setiap tanggal 18 Agustus. Apakah anda tau tanggal 18 Agustus memperingati hari apa saja?

Tanggal 18 Agustus 2023 yang jatuh di hari Jumat pekan ketiga ini terdapat beberapa peringatan yang dirayakan baik di Indonesia ataupun di dunia.

Di Indonesia, tanggal 18 Agustus diperingati sebagai Hari Konstitusi Indonesia. Selain Indonesia terdapat pula momen penting yang diperingati oleh dunia.

Apa saja momen-momen tersebut?

Berikut ini adalah momen-memen peringatan tanggal 18 Agustus yang dicatat oleh Halosmi.

1. Hari Konstitusi Republik Indonesia

Setiap tanggal 18 Agustus, diperingati sebagai Hari Konstitusi Indonesia. Mengutip dari laman resmi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Republik Indonesia (RI), Hari Konstitusi ini mengacu pada disahkannya UUD 1945 melalui sidang yang digelar sehari paska kemerdekaan pada 18 Agustus 1945.

Penetapan 18 Agustus sebagai Hari Konstitusi mulai dilakukan oleh Presiden ke-6 pada tahun 2008 lau. Penetapan Hari Konstitusi teruang dalam Keputusan Presiden (Keppres) No. 18 tahun 2008 tentang Hari Konstitusi Indonesia.

2. Hari Pasangan Sedunia

Tanggal 18 Agustus juga diperingati sebagai Hari Pasangan atau Couple’s Day. Hari pasangan merupakan hari istimewa yang dapat dirayakan oleh setiap pasangan.

Dilansir dari National Today, pasangan bahagia adalah pasangan yang sehat. Saat peran berkembang dan pikiran kolektif meluas, pasangan akan menjadi lebih kuat dan bahagia.

Hari ini diperingati untuk memberi ruang bagi pasangan agar saling memahami.

3. Hari Penelitian Kanker Payudara Sedunia

Di dunia tanggal 18 Agustus diperingati juga sebagai Hari Penelitian Kanker Payudara Sedunia.

Masih dilansir dari National Today, Kanker payudara adalah penyakit yang rumit, ada penderitaan fisik dan emosional bagi mereka yang menderita, dan kemudian kekacauan emosional bagi mereka yang berdiri bersama orang yang mereka cintai, melalui perjalanan yang mengubah hidup itu.

Hari ini lebih tentang pria dan wanita yang melakukan segala daya mereka untuk memerangi penyakit mematikan ini.

Nah, itulah sejumlah peringatan yang diperingati tanggal 18 Agustus. Semoga artikel ini menjadi tambahan pengetahuan anda.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *