Ini Daftar Nama Orang Terkaya di Indonesia, Nomor 1 Hartanya Rp 583,6 Triliun

Ilustrasi orang terkaya. Foto: Istimewa.
Ilustrasi orang terkaya. Foto: Istimewa.

 

HALOSMI.COM – Pembahasan soal harta kekayaan orang selalu menjadi topik yang menarik. Sosok-sosok konglomerat terkaya di Indonesia pun berubah seiring dengan pendapatan yang diperoleh dari bisnis mereka.

Melansir data orang terkaya di dunia versi Forbes realtime per November, peringkat pertama ditempati oleh pemilik Grup Barito Pacific, Prajogo Pangestu. Ia menggeser posisi Low Tuck Kwong, hingga Robert Budi Hartono dan Michael Hartono (duo Hartono).

Berdasarkan laporan Forbes Real Time Billionaires, kekayaan Prajogo mencapai US$ 37,2 miliar atau mencapai Rp 583,6 triliun. Prajogo berada di peringkat satu orang kaya di Indonesia sekaligus orang paling kaya ke-32 di dunia.

Di posisi kedua ada pemilik PT Bayan Resources Tbk. (BYAN), yaitu Low Tuck Kwong yang memiliki harga kekayaan US$ 26,8 miliar atau setara Rp 420,4 triliun. Ia sebelumnya menjadi orang terkaya pertama sebelum Prajogo menyalipnya.

Di posisi ketiga dan keempat ada dua bersaudara R. Budi Hartono dan Michael yang kekayaannya terdaftar secara terpisah. Kedua bersaudara ini mendapatkan sebagian besar kekayaan mereka dari investasi mereka di Bank Central Asia.

Budi Hartono memiliki harta kekayaan sebesar US$ 24,5 miliar. Sedangkan Michael Bambang Hartono memiliki kekayaan senilai US$ 23,4 miliar. Keluarga ini pertama kali menjadi kaya raya dari tembakau dan masih menjadi salah satu produsen rokok kretek terbesar di Indonesia.

Berikut daftar orang terkaya Indonesia, dikutip dari Forbes Real Time Billionaire per 2 Desember 2023.

1. Prajogo Pangestu – US$47,5 miliar (Rp 735,54 triliun).

2. Low Tuck Kwong – US$27,3 miliar (Rp 422,74 triliun).

3. R. Budi Hartono – US$24,9 miliar (Rp 385,58 triliun).

3. Michael Hartono US$23,8 miliar (Rp 368,54 triliun).

5. Sri Prakash Lohia – US$8,4 miliar (Rp 131,78 triliun). (*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *