Ini Dia 4 Kereta Api Subsidi!

HALOSMI.COM- Sudah Tidak Asing dengan Kereta Api iyakan? Nah kereta api disini Ada yang subsidi loh simak disini ya.

Kereta Api Indonesia (KAI) menjalankan empat kereta api (KA) Public Service Obligation (PSO). Adanya kereta api PSO tersebut salah satunya diungkapkan oleh akun resmi PT KAI di Instagram pada Senin (11/9/2023).

“Traveling Tanpa Bikin Kantong Kering, Naik KA Bersubsidi (PSO),” tulis keterangan KAI dalam unggahan.

Mengenal KA PSO VP Public Relations Joni Martinus mengatakan, KA ini memiliki harga yang murah dikarenakan mendapat subsidi dari pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.

“Dengan adanya subsidi dari pemerintah, tarif KA PSO lebih murah dibandingkan kereta lainnya dengan jarak yang sama,” ucap Joni

“Meski begitu, KAI tetap melayani pelanggan KA PSO sesuai dengan Standar Pelayanan Minimum yang telah ditetapkan dalam Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 63 Tahun 2019 tentang Standar Pelayanan Minimum Untuk Angkutan Orang Dengan Kereta Api,” imbuhnya. KA PSO sendiri memiliki satu kelas kereta, yakni

ekonomi dengan konfigurasi kursi 2-3. Satu kereta KA PSO dapat menampung 106 penumpang. Selain itu, juga terdapat kode yang tertera untuk berbagai macam kelas dan subkelas KA. KA PSO memiliki kode tersendiri agar mudah dikenali oleh pelanggan.

“Kode kelas ekonomi yang mendapatkan PSO yaitu C,” ungkapnya.

Pada tahun ini, PT KAI mengoperasikan empat KA Jarak Jauh PSO untuk melayani perjalanan masyarakat.

“Tarifnya selalu tetap dan sesuai dengan tarif yang telah ditentukan oleh pemerintah,”
tuturnya. Berikut rincian empat KA PSO

tarif KA Airlangga Rute: Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi PP Tarif: Rp 104.000. KA Bengawan Rute: Pasar Senen-Purwosari PP Tarif: Rp 74.000. KA Kahuripan Rute: Kiaracondong-Blitar PP Tarif: Rp 84.000. KA Sri Tanjung Tarif: Lempuyangan-Ketapang PP Harga: Rp 94.000.

“Hadirnya KA PSO ini merupakan wujud nyata kehadiran pemerintah bagi masyarakat melalui layanan kereta api yang terjangkau,” ucap Joni.

“Diharapkan KA PSO ini dapat membantu mobilitas masyarakat dalam bermolitas dengan kereta api yang aman, nyaman, selamat, dan tepat waktu,” lanjutnya.

Nah itu dia tadi penjelasanya, disimak dengan baik ya, selamat berlibur menggunakan KAI.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *