Ini Kisaran Gaji dan Bonus Hingga Apresiasi Bagi Anggota Paskibraka

Paskibraka. Foto: dok Wikipedia.
Paskibraka. Foto: dok Wikipedia.

HALOSMI.COM – Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) adalah kelompok pemuda-pemudi terpilih dari seluruh Indonesia yang memiliki tugas mulia dalam mengibarkan dan menurunkan bendera merah putih pada upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus.

Tugas menjadi Paskibraka ini tidak hanya memerlukan semangat patriotisme tinggi, tetapi juga kedisiplinan dan latihan yang intensif.

Gaji dan Bonus Bagi Anggota Paskibraka Nasional

Dilansir dari tempo, anggota Paskibraka pada tingkat nasional menerima gaji dan bonus sebagai bentuk apresiasi atas peran penting mereka dalam upacara kemerdekaan.

Pada 2021 pemerintah memberikan bonus sebesar Rp 10 juta untuk setiap anggota Paskibraka Nasional. Selain itu, mereka juga mendapatkan gaji sebesar Rp 1,5 juta rupiah per bulan selama mengikuti program latihan Paskibraka Nasional. Hal ini tentunya menjadi penghargaan yang pantas atas upaya dan dedikasi mereka dalam menjalankan tugasnya.

Variasi Besar Gaji Paskibraka Kabupaten/Kota

Saat mengikuti seleksi Paskibraka Kabupaten/Kota, calon peserta tidak menerima gaji. Namun, bagi yang terpilih menjadi anggota Paskibraka Kabupaten/Kota, mereka berhak menerima gaji atau honorarium sesuai dengan kebijakan pemerintah daerah setempat.

Besar gaji Paskibraka Kabupaten/Kota bervariasi di setiap daerah, dan tergantung pada kebijakan pemerintah daerah. Secara umum, gaji ini berkisar antara Rp 500 ribu hingga Rp 1,5 juta per anggota.

Apresiasi Melalui Beasiswa Tabungan Emas Pegadaian

Selain gaji dan bonus dari pemerintah, anggota Paskibraka juga menerima apresiasi dari pihak lain. Pegadaian misalnya, memberikan penghargaan berupa beasiswa Tabungan Emas Pegadaian.

Dilansir dari situs resmi Pegadaian, pada tahun 2022 Pegadaian memberikan beasiswa ini kepada 68 anggota Paskibraka dan 44 orang pelatih. Setiap anggota Paskibraka menerima Tabungan Emas senilai Rp 3 juta, sedangkan para pelatih menerima beasiswa senilai Rp 1 juta. Ini adalah wujud dukungan dari sektor swasta untuk mendorong semangat generasi muda yang berkontribusi dalam upacara peringatan kemerdekaan.

Dengan gaji, bonus, dan apresiasi lainnya yang diberikan kepada para personel Paskibraka, merupakan bentuk penghormatan atas peran mereka dalam memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia.

Tidak hanya menjadi simbol kebanggaan dan patriotisme, mereka juga menerima imbalan yang pantas atas dedikasi dan usaha keras mereka dalam menjalankan tugas yang mulia ini. (*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *