“bjb

Ini Prakiraan BMKG Kapan Suhu Panas Mendidih Berakhir

Ilustrasi cuaca panas terik. Foto: Istimewa.
Ilustrasi cuaca panas terik. Foto: Istimewa.

HALOSMI.COM – Suhu panas terik tengah melanda sebagian wilayah di Indonesia. Musim kemarau kali ini tak seperti biasanya, karena lebih kering dan panas.

Kondisi ini dipicu fenomena El Nino dan IOD Positif, yang menyebabkan anomali kenaikan suhu dan berkurangnya curah hujan dari kondisi normal.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan musim kemarau kering di Indonesia akan segera berakhir. Namun, level El Nino moderat masih akan terus bertahan.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, mengatakan level El Nino moderat akan terus bertahan dan berakhir pada bulan Februari-Maret 2024.

“Sesuai prediksi BMKG, puncak El Nino terjadi pada bulan September. Level El Nino moderat akan terus bertahan dan berakhir pada bulan Februari-Maret 2024,” kata Dwikorita, dikutip dari CNBC Indonesia, Minggu 15 Oktober 2023.

Awal musim hujan sendiri, kata dia, berkaitan erat dengan peralihan Monsun Australia menjadi Monsun Asia. Saat ini, Monsun Asia sudah mulai memasuki wilayah Indonesia sehingga diprediksi bulan November akan mulai turun hujan.

Hanya saja, lanjutnya, akibat tingginya keragaman iklim, maka awal musim hujan tidak terjadi secara serentak di seluruh wilayah Indonesia.

Pengaruh El Nino akan mulai berkurang oleh masuknya musim hujan, sehingga diharapkan kemarau kering ini segera berakhir secara bertahap.

“Ada beberapa wilayah yang masuk musim penghujan sebelum November dan ada yang mundur, tapi sebagian besar pada bulan November,” terangnya.

“Sementara puncak musim hujan diprediksi akan terjadi pada bulan Januari-Februari 2024,” pungkas Dwikorita.

Sebelumnya, terkait prakiraan musim hujan 2023/2024, BMKG memprediksi awal musim hujan 2023/2024 di sebagian besar wilayah Indonesia diprakirakan mundur, yaitu di sebanyak 446 Zona Musim (ZOM) atau sekitar 63,81% wilayah ZOM Indonesia. (*

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *