Tekno  

Ini Tanggapan Google Mengenai Laptop Jadul Tak Bisa Akses Gmail Mulai Tahun Depan!

Foto : Doc. blog orang IT

HALOSMI.COM- Kabar ke Depannya, Gmail hanya tersedia untuk HTML Standard, alias harus download aplikasi Gmail di Android, iPhone, atau iPad di perangkat mobile. Sementara itu, untuk akses komputer atau laptop, pengguna harus memanfaatkan pihak ketiga seperti Outlook atau Apple Mail.

“Gmail dengan HTML Basic adalah versi lama yang sudah tergantikan sejak lebih dari 1 dekade. HTML Basic tak bisa mengakomodir fitur-fitur baru Gmail,” kata juru bicara perusahaan, dikutip dari XDA-Developers, Selasa, 26 September 2023.

Jika Anda tak familiar dengan Gmail HTML Basic, mungkin selama ini yang Anda akses sudah merupakan versi Standard. Pasalnya, HTML Basic merupakan versi awal yang terpatri pada perangkat laptop dan browser lawas.

Antarmuka Gmail HTML Basic memang dirancang untuk koneksi internet yang lambat. Fitur yang tersedia bisa dibilang ringkas, yakni mengakses email masuk dan keluar.

Padahal, Gmail yang lebih modern sudah mematrikan banyak fitur. Misalnya saja fitur chat, pengecekan ejaan, shortcut keyboard, hingga kemampuan empor-ekspor kontak.

Konektivitas antar aplikasi di ekosistem Google pun dengan mudah diakses di Gmail dengan versi lebih baru.

Keputusan Google ini mungkin tak akan berdampak bagi sebagian besar pengguna yang selama ini sudah mengakses Gmail di smartphone dan laptop baru. Namun, banyak pula yang mengkritiknya karena dianggap tak mementingkan kelompok minoritas.

“Saya tahu banyak penyandang tunanetra yang menggunakan tampilan Gmail HTML Basic. Mereka akan bingung mengoperasikan Gmail versi lebih baru,” kata Pratik Patel, pegiat media sosial dan teknologi, via akun Mastodon personalnya.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *