Ini yang Akan Terjadi Jika Kamu Sering Mengkonsumsi Mie Instan

Foto : Doc. Pinterest

HALOSMI.COM- Mie instan dalam kemasan adalah olahan mie yang terbuat dari tepung terigu, berbagai minyak nabati serta perasa tambahan. Mie instan memiliki tekstur kering dan sudah lebih dulu matang yang kemudian dikeringkan atau digoreng untuk mempersingkat waktu memasak bagi konsumen.

Baca juga : Begini Cara Buat QR Code Gratis Tanpa Download Aplikasi

Selain praktis, mie instan digemari oleh masyarakat karena rasanya yang lezat. Namun, di balik kelezatannya, ada beberapa bahaya mie instan yang perlu diwaspadai, terutama bila mie instan dikonsumsi secara berlebihan. Hal ini dikarenakan mie instan memiliki kandungan karbohidrat, lemak, dan garam yang tinggi, tetapi rendah protein, serat, vitamin, dan mineral.

Baca juga :4 Pantai yang Wajib di Kunjungi Saat Kamu Berlibur Ke Pelabuhan Ratu, Sukabumi

Berikut bahaya terlalu sering mengkonsumsi mie instan :

Gangguan Ginjal 

Penyakit yang sangat berbahaya ini akan muncul jika kamu terlalu sering makan mie instan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, mie instan diketahui memiliki kandungan garam yang tinggi. Kandungan garam tersebut bisa berdampak pada terganggunya fungsi ginjal, terutama jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dan sering.

Terganggunya fungsi ginjal dapat menyebabkan penumpukan natrium dan cairan di dalam tubuh. Hal ini memicu terjadinya pembengkakan pada kaki serta penumpukan cairan di sekitar jantung dan paru-paru.

Gangguan Jantung 

Di dalam mie instan terdapat bumbu penyedap rasa yang mengandung MSG (monosodium glutamat) untuk meningkatkan rasa menjadi lebih gurih. Nah, kandungan MSG dan natrium yang tinggi di dalam mie instan ini dapat menyebabkan gangguan pada jantung.

Tekanan Darah Tinggi 

Di dalam satu kemasan mie instan mengandung sekitar 860 mg natrium. Jumlah natrium tersebut belum ditambah dari kandungan natrium dalam makanan lain yang kamu konsumsi pada hari yang sama. Padahal, asupan natrium yang disarankan setiap harinya tidak lebih dari 2.000–2.400 mg atau setara 5–6 gram garam.

Beberapa penelitian mengemukakan bahwa konsumsi natrium yang terlalu banyak diketahui dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan berdampak pada rusaknya pembuluh darah, sehingga meningkatkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular.

Gangguan Pencernaan

Perlu diketahui bahwa mi instan merupakan makanan yang sulit dicerna sehingga membuat sistem pencernaan harus bekerja ekstra untuk menghancurkannya.

Oleh karenanya, jika mi instan dikonsumsi rutin dalam seminggu, efeknya bisa menimbulkan gangguan pencernaan seperti diare, konstipasi, atau kembung.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *