“bjb

Jamu Arema FC, Bojan Hodak Motivasi Lanjutkan Tren Positif

Pelatih Persib Bandung, Bojan Hodak. Foto: Darwin Sandy/HALOSMI.
Pelatih Persib Bandung, Bojan Hodak. Foto: Darwin Sandy/HALOSMI.

HALOSMI.COM – Persib Bandung akan melakoni laga sengit menjamu Arema FC dalam lanjutan putaran kedua Liga 1 2023/2024, yang berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), pada Rabu, 8 November 2023 mulai pukul 15.00 WIB live Indosiar.

Menghadapi Arema FC di hadapan puluhan ribu suporternya, para punggawa Pangeran Biru lebih diunggulkan untuk bisa memenangkan pertandingan. Hal ini mengingat tim tuan rumah sedang dalam trend tak terkalahkan dalam 11 laga.

Dengan itu kini Persib tengah berada di posisi kedua klasemen sementara dengan mengoleksi 34 poin dari 18 laga. Skuat Maung Bandung hanya terpaut 4 angka dari sang pemuncak, yaitu Borneo FC.

Selain tak terkalahkan, para punggawa Pangeran Biru juga beberapa kali memenangkan pertandingan dengan hasil telak. Seperti menumbangkan PSS Sleman 4-0 dan menenggelamkan Persita Tangerang 5-0.

Dalam pertandingan terakhirnya, Persib juga berhasil mencuri poin atas Madura United 0-1, di Stadion Gelora Bangkalan, pada Rabu 1 November 2023 kemarin. Gol semata wayang itu berhasil dicetak oleh Nick Kuipers, hasil umpan dari Ezra Walian melalui bola mati.

Meskipun demikian pelatih Persib, Bojan Hodak tidak mau besar hati menghadapi Singo Edan, julukan Arema FC. Karena menurutnya, kualitas tim tamu cukup meningkat di putaran kedua Liga 1 2023/2024.

Ini karena pada partai sebelumnya Arema berhasil mencuri tiga poin atas atas Dewa United dengan skor 1-2. Dan menahan imbang Madura United 1-1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Bali, pada tanggal 28 Oktober 2023.

“Kami tahu bahwa Arema ada di bawah dan kami ada di empat besar, tapi ini tidak menunjukkan bahwa Arema adalah tim yang mudah dikalahkan,” kata Bojan Hodak dalam keterangan persnya, di Stadion GBLA, Kota Bandung, pada Rabu, 8 November 2023.

Bojan menuturkan dalam setiap pertandingan sangat penting mewaspadai permainan lawan. Karena itu, pelatih asal Kroasia itu menegaskan timnya akan bekerja keras guna meraih tiga poin.

Bojan tak mau tergelincir dan kehilangan status tak terkalahkan dalam 11 pertandingan. Terlebih melakoni laga menghadapi tim yang berada di bawah klasemen.

“Menghadapi Arema merupakan pertandingan yang sangat penting, selain mempertahankan rekor belum terkalahkan (11 laga), kami juga akan bermain di rumah. Tentunya ini menjadi motivasi buat kami untuk melanjutkan tren positif,” ujarnya.

Adapun yang membuat Bojan sedikit cemas menghadapi Arema adalah skema unik Arema, yakni taktik penalti. Karena di musim ini, Singo Edan sering mencetak poin melalui titik putih tersebut.

Tercatat hingga pekan ke-18 kompetisi musim ini, Arema sudah mendapatkan 7 kali penalti, termasuk pada pertandingan menghadapi Dewa United beberapa waktu lalu. Dari tujuh penalti yang di eksekusi oleh Gustavo Almeida, semua berbuah gol.

“Tentunya sangat susah mengantisipasi itu (penalti), tapi saya minta ke pemain saya untuk berusaha untuk tidak melakukan pelanggaran terutama di dalam kotak penalti,” tegasnya.

Sementara itu, pelatih Arema FC, Fernando Valente mengaku telah mempersiapkan timnya menjelang laga melawan Persib Bandung. Adapun demikian ia mengatakan, menukangi tim di Liga Indonesia merupakan tantangan paling sulit selama karirnya menjadi pelatih.

“Saya rasa sejak saya tiba (di Indonesia) ini jadi salah satu tantangan paling sulit yang dihadapi. Tapi kami sudah siap, kami bekerja keras selama satu pekan ke belakang dan besok adalah kesempatan bagi kami untuk mengukur dimana level permainan kami,” kata Fernando Valente.

Ia menyadari Persib merupakan lawan yang sangat kuat dengan pemain-pemain cukup berpengalaman. Bahkan pelatih asal Portugal itu menyebut skuat asuhan Bojan Hodak bisa menjadi juara Liga 1 2023/2024.

“Ini artinya, kami ingin terus berbenah laga demi laga. Kami juga dalam posisi yang sulit, jadi ini pertemuan antara tim yang berjuang menjadi juara, dan tim yang sedang berusaha keluar dari zona degradasi,” bebernya.

Meskipun dalam posisi bawah, pertandingan melawan Persib menjadi pengalaman baru bagi sang arsitek, untuk terus mengembangkan permainan Arema. Bahkan Valente menegaskan timnya akan memberi kejutan kepada tim tuan rumah.

“Pada akhirnya yang terpenting adalah hasil akhir, dan kami ingin melihat apa yang bisa diperlihatkan dengan bertarung untuk tiga poin, serta membuat bangga suporter kami,” tandasnya. (***)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *