Ragam  

Jamu Kunyit Asam Punya Banyak Manfaat Untuk Kesehatan Lho

Foto : Doc. Pinterest

HALOSMI.COM- Dikenal sebagai obat tradisional yang bisa menyembuhkan berbagai gangguan kesehatan, jamu memang cukup populer penggunaannya di Indonesia khususnya jamu kunyit asam. Tidak hanya berfungsi sebagai obat untuk mengobati penyakit saja, jamu ini juga biasa dikonsumsi sebagai ramuan untuk mencegah tubuh dari serangan berbagai penyakit atau sekadar menyegarkan tubuh.

Jamu kunyit asam terbuat dari bahan dasar kunyit dan dicampur dengan asam jawa. Untuk menemukan jamu kunyit asam ini juga tidaklah sulit, mengingat kamu bisa mendapatkannya ruko-ruko jamu pinggir jalan hingga di lapak biasa pasar tradisional.

Bahkan kini, sudah banyak jamu kunyit asam dalam botol kemasan yang dijual di minimarket atau supermarket. Harganya yang murah, mudah didapat dan kaya manfaat menjadikan minuman ini sebagai pilihan terbaik untuk dikonsumsi sehari-hari. Berikut manfaat dari jamu kunyit asam :

Mengurangi Bau Badan 

Bau badan memang menjadi masalah sebagian orang, terlebih pada orang yang memiliki produksi keringat berlebih. Namun tidak perlu khawatir, hal ini dapat diminimalisir dengan mengonsumsi minuman kunyit asam secara rutin. Untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu bisa menambahkan daun beluntas ke dalam ramuan kunyit asam yang akan dikonsumsi.

Menurunkan Berat Badan 

Kandungan dalam asam jawa dapat membantu sistem pencernaan bekerja lebih optimal dan dapat menghambat produksi lemak. Ini menjadi salah satu manfaat kunyit asam yang menarik. Dengan berbagai kandungan asam jawa yang tercampur dalam minuman kunyit asam bisa digunakan sebagai ramuan untuk menurunkan berat badan secara efektif dan tanpa adanya efek samping yang merugikan.

Mengatasi Keputihan

Keputihan memang menjadi masalah umum yang dirasakan oleh kaum hawa. Bukan hanya orang dewasa, putihan juga dialami oleh remaja terutama yang sudah mengalami menstruasi. Keberadaanya sering kali mengganggu, bahkan yang lebih parah bisa menyebabkan bau dan rasa gatal pada organ intim. Tidak jarang memang, masalah keputihan ini bisa mengganggu jalannya aktivitas sehari-hari.

Namun hal tersebut bisa diatasi dengan mengonsumsi jamu kunyit asam. Kandungan mineral dan minyak atsiri yang terdapat di dalamnya mampu membersihkan darah haid yang tersisa pada saluran tubafalopi serta efektif mencegah keputihan. Manfaat kunyit asam ini akan lebih terasa jika konsumsi secara rutin dengan takaran yang baik.

Mencegah Jerawat 

Kandungan vitamin A dan C yang terdapat dalam kunyit ternyata menjadi zat ampuh yang dapat menghambat munculnya jerawat pada wajah. Bukan hanya itu, kandungan yang terdapat dalam minuman kunyit asam juga dapat mengatasi rasa gatal yang ditimbulkan oleh masalah kulit lain seperti ruam, kurap dan kudis.

Dengan begitu, untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit salah satunya bisa dilakukan dengan mengonsumsi jamu kunyit asam secara rutin.(*)

 

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *