“bjb
Ragam  

Jangan Diaplikasikan di Rumah! Warna Cat Ini Bisa Membuat Lelah

HALOSMI.COM- Siapa sangka, ternyata warna cat rumah dapat berdampak besar pada suasana dan perasaan Anda sehari-hari. Beberapa warna cat dapat membuat Anda merasa bersemangat, sementara warna lain merasa lelah.

Warna yang membuat lelah ini dikenal sebagai warna dingin, serta biru, hijau, dan ungu, serta memiliki panjang gelombang lebih pendek daripada warna hangat.

Namun, warna cat tersebut sering digunakan untuk menciptakan suasana tenang di ruangan. Akan tetapi, jika digunakan secara berlebihan, warna cat itu dapat membuat ruangan terasa suram dan melelahkan.

Di sisi lain, warna hangat, seperti merah, oranye, dan kuning, dapat membuat kita merasa bersemangat sehingga sering digunakan untuk menciptakan suasana ceria dan energik.

Karena itu, penting memilih warna cat dengan bijak untuk menghindari efek negatif pada suasana hati dan energi Anda.

Berikut warna cat yang dapat membuat lelah.

1. Fiery red

Fiery red merupakan warna dengan tampilan sangat merah dan paling energik sehingga mampu membangkitkan semangat.

Namun, jika digunakan secara berlebihan, warna cat ini dapat menjadi terlalu merangsang dan membuat kita merasa lelah.

Warna fiery red memiliki panjang gelombang yang panjang, yang artinya dapat menstimulasi otak dan sistem saraf. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan detak jantung, tekanan darah, dan pernapasan.

Pada tingkat ekstrem, fiery red bahkan dapat menyebabkan kecemasan dan stres. Untuk menggunakannya dengan bijak, sebaiknya menjadikannya sebagai warna aksen atau hiasan di dinding.

Jika ingin menggunakan warna merah, pilih yang lebih lembut atau hangat, seperti merah bata atau merah tua.

2. Cool grey

Selanjutnya, warna cat yang dapat membuat lelah adalah cool grey. Ini adalah warna abu-abu dingin, warna netral yang sering digunakan dalam desain interior.

Warna abu-abu sendiri memiliki chroma yang rendah sehingga tidak terlalu jenuh. Namun, jika pengaplikasiannya tidak tepat, cool grey bisa membuat ruangan terasa datar, membosankan, dan melelahkan.

Karena itu, penting menambahkan warna lain ke ruangan, seperti menggabungkan warna cool grey dengan warna cerah lainnya yang membantu menghidupkan ruangan serta menciptakan tampilan lebih menarik.

Warna abu-abu dengan warna dasar putih dapat menjadi pilihan baik untuk ruangan yang kekurangan cahaya sehingga memberikan kesan bersih, minimalis, juga menenangkan.

3. Warna-warna gelap

Menggunakan warna cat gelap pada dinding secara berlebihan dapat membuat ruangan terasa terlalu suram dan melelahkan.

Warna-warna gelap, seperti hitam, coklat tua, biru tua, dan ungu tua dapat membuat mata bekerja lebih keras sehingga membuat Anda merasa lelah.

Selain menjadi warna yang membuat lelah, warna-warna gelap menyerap cahaya sehingga ruangan terasa lebih suram dan sempit. Untuk mengatasi masalah ini, tambahkan warna cerah atau netral pada dinding untuk menghidupkan ruangan serta menciptakan tampilan lebih menyenangkan.

4. Skema warna monokromatik

Terakhir, warna cat yang dapat membuat lelah adalah skema warna monokromatik. Ini adalah skema warna yang menggunakan satu warna atau variasi dari satu warna.

Skema warna monokromatik dapat menciptakan tampilan elegan dan modern. Namun, skema warna monokromatik juga dapat menjadi monoton serta melelahkan jika tidak dirancang dengan baik.

Ruangan yang monoton kurang memiliki variasi visual sehingga tidak begitu merangsang. Skema warna monokromatik yang digunakan bersama-sama akan menciptakan ruang yang monoton tanpa perbedaan rona, kroma, atau nilai.

Untuk menghindari kesan melelahkan dari skema warna monokromatik, Anda dapat menambahkan kontras. Kontras dapat diciptakan dmenggunakan berbagai tekstur, pola, atau warna berbeda.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *