Ragam  

Jangan Panik ! Lakukan Hal ini Jika Terjadi Gempa Bumi Demi Melindungi Keselamatan Diri

Foto : Doc. Oppal

HALOSMI.COM- Gempa bumi adalah getaran atau getar-getar yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik. Gempa Bumi biasa disebabkan oleh pergerakan kerak bumi (lempeng Bumi).

Baca juga : BMKG : Gempa Bumi M 5,2 yang Berpusat Dari Banten, Jawa Barat Terasa Hingga Kota Sukabumi

Akhir-akhir ini banyak sekali peristiwa di beberapa daerah yang terjadi di luar akal manusia yang sangat banyak memakan korban dari akibat gempa bumi. Kita tidak pernah tahu kapan dan dimana gempa bumi akan terjadi. Maka sangat perlu untuk kita bisa melindungi keselamatan diri jika terjadi gempa bumi. Kita bisa melakukan 4 hal dibawah ini :

Berlindung di Bawah Meja 

Lakukan hal ini ketika kamu sedang berapa di sebuah ruangan atau bangunan. Ketika terjadi gempa, kemungkinan besar hal yang menjadi risiko adalah tertimpa benda-benda ataupun atap bangunan. Oleh karena itu, salah satu cara yang paling efektif ketika sedang berada di dalam bangunan adalah dengan berlindung di bawah meja yang kokoh.

Baca juga : Masya Allah Gempa Bumi M 7,4 Guncang Turki, Korban Capai Seribuan

Hal ini dapat melindungi kamu dari risiko tertimpa benda-benda di sekitar. Ketika di bawah meja, carilah bantal atau helm untuk melindungi kepala agar tidak terbentur benda-benda yang berjatuhan. Jika sudah aman, segera cari jalan keluar dari bangunan tersebut.

Hindari Tiang Listrik, Pohon Besar dan Bangunan yang Berpotensi Runtuh 

Ketika sudah berhasil keluar dari rumah, segera cari jalan keluar menuju tempat terbuka seperti lapangan. Jika sudah berada di luar, hindari berdiri di dekat tiang, pohon, ataupun bangunan yang berpotensi runtuh. Carilah lapangan luas yang tidak ada objek tinggi di sekitar.

Matikan Semua Aliran Listrik 

Jika sedang memasak, segera matikan kompor dan tinggalkan bangunan. Sambil bergegas keluar rumah, jangan lupa mencabut dan matikan seluruh peralatan yang menggunakan listrik untuk menghindari terjadinya kebakaran di dalam rumah.

Ketika Berada di Sebuah Gedung yang Tinggi, Jangan Gunakan Lift 

Ketika seseorang panik karena adanya gempa bumi, mereka akan melakukan hal apapun untuk bisa melindungi diri secara cepat apalagi ketika sedang berada di dalam ruangan tinggi. Menggunakan lift memang akan membantu kita lebih cepat untuk keluar ruangan, namun akan membahayakan keselamatan diri kamu.

Maka dari itu jika kamu sedang berada di bangunan bertingkat, gunakanlah tangga darurat untuk evakuasi keluar bangunan. Jangan menggunakan lift apabila sedang terjadi guncangan. Namun, jika sudah terlanjur di dalam lift saat gempa terjadi tekan semua tombol atau gunakan interphone untuk panggilan kepada pengelola bangunan. Segera tinggalkan lift dan gunakan tangga darurat.(*)

 

 

 

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *