Jangan Sampai Kuman dan Bakteri Menempel di Makanan, ini Dia Tips Membersihkan Kulkas Agar Tetap Higenis

penjaga rumah foto

HALOSMI.COM – Membersihkan kulkas adalah hal yang sangat penting yang harus kita lakukan. Hal ini dikarenakan makanan yang kita simpan di dalam kulkas harus tetap higenis sehingga tidak ada kuman ataupun bakteri yang menempel pada makanan.

Namun sangat disayangkan, masih banyak orang yang enggan atau menunda-nunda kegiatan penting ini karena tidak tahu bagaimana cara membersihkan kulkas atau lemari es yang benar. Padahal selain membuat kulkas lebih awet, membersihkan kulkas dengan rutin juga menjaga makanan tetap bersih dan terhindar dari kuman penyakit.

Berikut cara membersihkan kulkas yang benar agar tetap higenis :

Keluarkan Semua Stok Makanan yang Ada di Dalam Kulkas 

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengeluarkan semua stok makanan yang ada di dalam kulkas. Terkadang alasan seseorang malas untuk membersihkan isi kulkas karena terlalu banyak makanan sisa yang ada di dalamnya. Hal ini yang akan membuat bakteri menempel di makanan apalagi jika sudah terlalu lama di simpan.

Buanglah sisa-sisa makanan yang menurutmu sudah tidak layak untuk di makan. Secara tidak langsung, cara ini akan membuat kulkas selalu terjaga kebersihan dan kerapihannya karena rutin dibersihkan sebelum jadwal belanja datang.

Bersihkan Bagian Luar Kulkas

Sebelum kamu membersihkan bagian dalam kulkas, pastikan kamu membersihkan bagian luar kulkas terlebih dahulu. Jangan sampai lupa untuk mencabut stop kontak sebelum mulai membersihkan lemari es. Lap seluruh bagian luar kulkas, mulai dari depan, atas, hingga ke area belakang yang sering tersimpan banyak debu dan kotoran.

Pada saat Lap kulkas gunakan lap kering, dan hindari menggunakan lap basah pada bagian kulkas yang banyak terdapat kabel listrik.

Lepaskan Rak dan Laci Kulkas 

Jika sudah melakukan dua step di atas, kulkas sudah kosong dan bebas dari produk apa pun, ambil rak dan laci dari dalam kulkas agar lebih mudah ketika dicuci. Cuci semua laci dan rak menggunakan sabun selayaknya kamu sedang mencuci piring, lalu bilas hingga bersih. Diamkan hingga rak dan laci kering sebelum Anda memasukkannya kembali ke dalam kulkas.

Bersihkan Seluruh Bagian Dalam Kulkas

Semprotkan cairan pembersih ke seluruh bagian dalam lemari es, kemudian lap perlahan sampai semua noda dan kotoran hilang. Begitu pula dengan laci dan rak yang telah dikeluarkan sebelumnya. Pastikan sudah tidak ada lagi kotoran dan sabun yang tersisa. Setelah bersih, pasang kembali laci dan rak kulkas yang sudah di cuci bersih.

Tata Kembali Makanan Secara Rapih

Apabila semua tahapan sudah kamu lakukan, kini saatnya menyusun kembali makanan dan minuman yang telah dipilih sebelumnya. Tata makanan sesuai dengan jenisnya, contohnya kamu bisa meletakan daging-dagingan di dalam freezer agar tetap beku. Begitupun dengan buah-buahan dan sayuran, kamu bisa meletakannya dibagian laci bawah. Demi menghindari kontaminasi bakteri, kamu bisa memasukkan setiap makanan ke dalam wadah khusus.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *