Jelang HUT RI ke-78, Pedagang Bendera di Ruas Jalan Kota Sukabumi Mulai Menjamur

Pedagang Bendera yang menjajakan dagangannya di ruas Jalan Suryakencana, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi. (Foto: Nuria Ariawan/HALOSMI).
Pedagang Bendera yang menjajakan dagangannya di ruas Jalan Suryakencana, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi. (Foto: Nuria Ariawan/HALOSMI).

HALOSMI.COM – Menjelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia yang ke-78, sejumlah pedagang musiman yang menjual bendera merah putih mulai menjamur di beberapa ruas jalan di Kota Sukabumi.

Pantauan HALOSMI.COM di lapangan pada Rabu 2 Agustus 2023, ada beberapa pedagang musiman yang menjajakan dagangannya di ruas Jalan Suryakencana, Kecamatan Cikole. Selain bendera, para pedagang musiman ini juga menjual berbagai pernak-pernik Agustusan.

Salah seorang pedagang bendera, Edi (40), mengatakan dirinya mulai berjualan bendera merah putih beserta pernak-pernik Agustusan itu dari hari Selasa 25 Juli 2023. Hal itu dilakukan karena dirinya tak mau ketinggalan di momen HUT RI yang ke-78 ini. Ia juga mengaku sudah tiga tahun menjual bendera di ruas Jalan Suryakencana ini.

“Iya, tiap tahun saya berjualan. Tahun sebelumnya juga berjualan disini (Jalan Suryakencana). Bendera ini juga saya bikin sendiri,” kata Edi, kepada HALOSMI.COM, Rabu 2 Agustus 2023.

Jenis bendera yang dijual, kata dia, ada berbagai macam, seperti umbul-umbul, backdrop, bandir, bendera plastik untuk di sepeda motor, dan pernak-pernik Agustusan yang cocok di pasang di mobil. Sedangkan untuk ukurannya sendiri ada berbagai macam, mulai dari ukuran 100×20 sentimeter, 100×50 sentimeter, hingga 100×80 sentimeter.

“Kalau untuk harga barang yang saya jual itu, contohnya umbul-umbul Rp25 ribu. Tapi kalau bahan bendera yang bagus, seperti yang backdrop 10 gelombang itu, harganya Rp400 ribu, bahkan bisa lebih,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, pendapatan perhari dari pertama ia berjualan di Jalan Suryakencana itu kurang dari Rp100 ribu. Namun demikian, memasuki awal bulan Agustus ini pendapat perhari sudah diatas Rp100 ribu.

“Kalau awal-awal Agustus mah memang begini. Tapi kedepannya mudah-mudahan ramai gitu. Harapannya semoga barang yang saya jual ramai di beli. Jadi nanti saat puncak HUT RI itu lebih meriah dengan banyaknya bendera merah putih yang di pasang dimana-mana,” pungkasnya. (*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *