Jelang Natal, Polres Sukabumi Kota Terjunkan Tim Jibom Polda Jabar Sterilisasi Gereja

SUKABUMI, HALOSMI.COM – Tim Penjinak Bom (Jibom) Satbrimob Polda Jabar lakukan sterilisasi di beberapa gereja di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota. Hal itu dilakukan guna mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) menjelang Natal 2022 dan tahun baru 2023 (Nataru).

Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Sy. Zainal Abidin, mengatakan pihaknya meminta bantuan satu tim Jibom kepada Satbrimob Polda Jabar untuk melakukan sterilisasi di enam gereja yang sudah ditetapkan sebagai skala prioritas di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota.

“Salah satu potensi ancaman gangguan Kamtibmas selama Nataru ini adalah kejahatan terorisme,” ujar Zainal, kepada wartawan usai melakukan sterilisasi di salah satu gereja di Jalan Suryakencana, Sabtu 24 Desember 2022. 

Hasil kegiatan sterilisasi di beberapa gereja tersebut, kata Zainal, dinyatakan aman dan tidak ada kendala, serta sudah dilakukan serah terima kepada petugas pengamanan dari Polres Sukabumi Kota untuk melanjutkan kegiatan pengamanan sampai dengan seluruh rangkaian kegiatan perayaan Natal di seluruh gereja dinyatakan selesai.

“Alhamdulillah hasil kegiatan ini aman. Tidak ada temuan. Seluruh personel sudah kami terjunkan ke masing-masing lokasi perayaan Natal di gereja yang sudah terdata,” jelasnya.

Terkait sistem keamanan di gereja, lanjut Zainal, sudah diatur sedemikian rupa, dan sudah terkonfirmasi dan terkoordinasi dengan pihak panitia internal pengamanan gereja. Sehingga diharapkan seluruh jemaat bisa melakukan kegiatan ibadahnya dengan tenang tanpa ada rasa kekhawatiran dan bisa menikmati sukacita Natal tahun ini lebih baik dibanding dengan tahun sebelumnya.

“Kita mendasari surat undangan dari Kementerian Agama, bahwa seluruh kegiatan ibadah Natal tahun ini dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya, tanpa melakukan penambahan pendirian tenda di halamannya,” ungkapnya.

Disinggung mengenai lokasi yang sempat menjadi sasaran ledakan pada tahun 2000 lalu, sambung Zainal, untuk mengantisipasi kejadian yang serupa maka pihaknya melakukan penebalan personel dari tim Jibom Satbrimob Polda Jabar yang sudah diatur sedemikian rupa, sehingga keseluruhan pengamanan kegiatan perayaan natal di masing-masing gereja akan ter backup.

“Terkait dengan kejadian yang lalu itu termasuk kedalam tempat yang kita tetapkan dalam kegiatan sterilisasi. Ada 40 personel tim Jibom yang kami terima, dan sudah kami distribusikan serta tersebar lebar,” pungkasnya. (*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *