Jelang Ramadhan, Warga Swadaya Bentuk Sekolah Al-Qur’an di Mesjid Sementara Perumahan Karang Kencana Sukabumi

DKM Masjid sementara Al-Mujahid perum Karang Kencana akan membuat sekolah Al - Qur'an di bulan Ramadan.

HALOSMI.COM – Berbekal rasa miris terhadap maraknya pelaku kriminalitas yang terjadi pada anak anak, Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Perumahan Karang Kencana di Kampung Garung, Kelurahan Karang Tengah, Kecamatan Gunung Puyuh, Kota Sukabumi membuat sekolah Al-Qur’an di masjid sementara Al-Mujahid Perumahan Karang Kencana. 

Sekolah Al – Qur’an yang akan dilaksanakan pada bulan puasa Ramadhan nanti akan mengajarkan anak anak di sekitar perumahan dan lingkungan kampung di sekitar perumahan agar generasi generasi muda khususnya anak anak agar fasih membaca kitab suci Al-Qur’an.

Ketua DKM Masjid sementara Al – Mujahid perum Karang Kencana, Denda Marwansyah menuturkan bukan hanya agar anak anak bisa membaca kitab suci Al-Qur’an tapi dengan adanya sekolah Al-Qur’an ini bisa membentuk adab generasi muda dan juga orang tuanya.

“Sebagai umat muslim berjihad di jalan Allah SWT ada berbagai macam cara untuk berjihad, khususnya jaman sekarang, salah satunya adalah kita sebagai umat muslim yang peduli terhadap generasi generasi anak anak kita. Miris ketika fenomena fenomena di sekitar kita khususnya di kota Sukabumi dimana anak anak kita itu banyak terpengaruh terhadap hal hal negatif. Makanya kita sebagai warga, khususnya warga perum karang kencana khususnya DKM membuat sebuah program dimana program sangat bermanfaat untuk generasi anak anak ke depannya,” tutur Denda.

Denda menambahkan, kegiatan ini bekerja sama dengan Hamah Foundation, dimana kerja sama ini untuk menyelamatkan generasi generasi anak anak dari hal hal yang tidak kita inginkan sehingga kerja sama ini menjadi kerja sama yang luar biasa antara DKM Perum Karang Kencana dengan Hanimah Foundation.

“Ini menjadi langkah yang luar biasa, langkah awal untuk kita umat muslim bangkit kembali, jaya kembali dan dampak nya juga tidak hanya terhadap anak anak, otomatis jika anak anaknya rajin aktif dalam kegiatan positif orang tuanya akan otomatis menjadi orang tua yang lebih baik lagi,” tandas Denda.

Program mengenai sekolah Al-Qur’an di Masjid sementara Al-Mujahid perum Karang Kencana Kota Sukabumi ini mendapatkan dukungan penuh dari Paguyuban Warga Karang Kencana. Ketua Paguyuban Warga Perum Karang Kencana, Agus Rustiawandi menuturkan warga memiliki harapan besar agar lahan pendidikan dan Mesjid yang dijanjikan akan dibangun bagi warga dapat direalisasikan dengan secepatnya. 

“Paguyuban sendiri sangat sangat mendukung untuk kegiatan ini karena sebagai kegiatan yang bermanfaat bagi warga di karang kencana dan insyaallah untuk ke depannya kita akan bareng bareng membuat program yang terus bermanfaat,” ungkap Agus.

Agus menambahkan, memang untuk Masjid yang berdiri sekarang, sebetulnya tanah nya bukan pergunaannya untuk masjid, hanya dipinjam gunakan oleh developer untuk warga.

“Sebelum ada masjid berdiri yang dibangun oleh developer, mereka (red – developer) baru mengijinkan untuk lahan ini sebagai lahan pendidikan dan masjid ini berdiri atas swadaya masyarakat dan sengaja tidak dibangun secara permanen karena ini masjid Al – Mujahid kami ini sifatnya sementara,” tegas Agus.

Paguyuban warga perum Karang Kencana menjelaskan pada tanggal 30 September 2021 lalu, pihak developer PT. Indo Bangun Gemilang memberikan peminjaman lahan untuk pembangunan Mesjid dimana lahan tersebut merupakan lahan pendidikan perumahan dan hanya berlaku untuk satu tahun dan bisa diperpanjang hingga pihak developer melakukan pembangunan masjid.

Dirinya berharap pihak developer dapat memberikan kepastian masjid dan lahan pendidikan bagi warga perumahan dalam bentuk surat wakaf.

“Kami butuh kejelasan terhadap lahan pendidikan dalam bentuk surat wakafnya dan juga untuk masjid agar seger dibangunkan, agar kami warga bisa mengembangkan program program dan tempat ibadah yang layak,” tutup Agus. (*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *