Jokowi: Mungkin Akhir Tahun Kita akan Menyatakan Berhenti PSBB PPKM

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi). Foto: Sekretariat Kabinet.
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi). Foto: Sekretariat Kabinet.

JAKARTA, HALOSMI.COM – Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1 kemungkinan pemberlakuannya akan dicabut akhir tahun ini, seiring dengan perbaikan kasus Covid-19, hal tersebut diungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Perlu saya ingatkan mengenai gempuran adanya pandemi. Saat Delta masuk, kasus harian kita mencapai 56 ribu kasus. Saat itu saya ingat, hampir 80 persen menteri menyarankan saya untuk lockdown, termasuk masyarakat juga menyampaikan hal yang sama,” ungkap Jokowi, Rabu 21 Desember 2022.

“Kalau itu kita lakukan saat itu, mungkin ceritanya akan lain sekarang ini,” ucap Jokowi menambahkan.

Menurutnya, puncak kasus Covid-19 sempat kembali meningkat mencapai puncaknya 64 ribu per hari saat gelombang varian Omicron tiba. Fasilitas kesehatan juga sempat dibanjiri pasien COVID-19, tak sedikit dari mereka yang memerlukan kebutuhan alat tambahan oksigen.

“Muncul lagi Omicron, puncaknya mencapai 64 ribu kasus harian. Sehingga kita ingat saat itu ada APD kurang, oksigen gak ada, pasien numpuk di RS. Untung kita saat itu masih tenang, tidak gugup, tidak gelagapan, sehingga situasi yang sangat sulit itu bisa kita kelola dengan baik,” urainya.

“Dan hari ini, kemarin kasus harian kita berada di angka 1.200. Dan mungkin nanti akhir tahun kita akan menyatakan berhenti PSBB PPKM kita. Perjalanan seperti itu harus kita ingat betapa sangat sulit ya,” pungkas Jokowi. (*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *