Kamu Pelupa? Yuk Coba Kebiasaan Ini untuk Mencegah Pikun

HALOSMI.COM- Perlu Kalian Ketahui Bahwa memasuki usia 20 tahun-an otak seseorang selesai berkembang, maka dari itu tak heran kalau kalian merasa pelupa, Nah sebelum kebablasan jadi pikun ikuti kebiasaan ini untuk mencegah pikun di usia muda.

Salah satu ahli saraf mengatakan risiko demensia di usia lebih dini bisa dicegah dengan bersikap optimis dan menerapkan kebiasaan baik.

Apa saja kebiasaan yang bisa mencegah pikun di usia muda tersebut? Berikut di antaranya:

1. Membaca

Para ahli gerontologi mengenalkan konsep ‘cadangan kognitif’. Hal ini mengartikan pada dasarnya otak punya kemampuan untuk beradaptasi dengan penuaan atau penyakit.

Seseorang yang menunjukkan penanda biologi Alzheimer tetapi punya cadangan kognitif, mereka bisa saja menghadapi tes mental dengan baik.

Untuk mengisi cadangan mental tersebut, seseorang bisa melakukan aktivitas seperti membaca.

Selain membaca, kegiatan lain yang bisa mencegah pikun di usia muda adalah dengan bernyanyi, memainkan alat musik, menyelesaikan teka-teki hingga berjalan-jalan.

2. Bersosialisasi

Bersosialisasi disebut sebagai aktivitas pelatihan otak yang paling utama. Sebaliknya, melakukan isolasi sosial dapat menjadikan seseorang lebih berisiko terkena demensia.

orang dengan partisipasi sosial yang lebih sedikit, kontak sosial yang lebih jarang, dan lebih banyak perasaan kesepian memiliki peningkatan risiko terkena demensia

3. Makan yang Sehat

Mengkonsumsi makanan yang sehat tidak hanya membuat tubuh terjaga tetapi juga otak. Untuk mempertahankan memori otak, menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh bisa dilakukan.

Pasalnya, lemak jenuh dapat menyumbat arteri. Suplai makanan berupa buah dan sayur adalah hal yang lebih baik untuk memberi tubuh antioksidan yang berfungsi membersihkan otak dari radikal bebas.

4. Selalu Penasaran

Kepo atau penasaran ternyata bisa mengurangi risiko pikun di usia muda loh. Orang yang rasa penasarannya tinggi cenderung lebih kreatif dan ingin mencoba banyak hal baru.

Berdasarkan hasil penelitian dari tim di Universitas Georgia, disebutkan bahwa rasa penasaran yang tinggi dapat mempercepat gerak psikomotorik.

Selain itu, juga bisa menjaga memori dan fleksibilitas kognitif baik pada seseorang yang depresi maupun tidak depresi.

5. Berpikiran Positif

Kebiasaan bersosialisasi dengan baik, makan makanan sehat, selalu penasaran atau membaca tak akan cukup berfungsi mencegah demensia jika pikiran berpikir negatif.

Mempunyai pikiran positif dapat memberikan dampak baik pada kesehatan saraf.

Termasuk soal keyakinan dapat terhindari dari demensia. Semakin seseorang berpikir positif dirinya tak akan mengalami pikun lebih dini, maka hal tersebut bisa saja terjadi.

6. Aktif secara Fisik

Otak bisa berfungsi dengan baik jika kesehatan jantung juga baik. Untuk itu, seseorang harus banyak bergerak aktif misalnya dengan berolahraga.

Tak perlu melakukan olahraga ekstrem, beberapa aktivitas fisik misalnya bersepeda, berenang menaiki tangga, berkebun juga bisa membantu menjaga kesehatan jantung dan tubuh.

Itu dia beberapa cara untuk me cegah pikun di usia muda, ayo lakukan sekarang sebelum terlambat!

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *