Ibadah  

Kamu Sudah Tobat tapi Maksiat Lagi, Apakah Bisa di Ampuni?

HALOSMI.COM- Tidak Adak Kata Terlambat untuk Tobat, Ketika kamu sudah Tobat tapi Maksiat lagi itu gimana ya hukum nya? Apakah masih bisa di ampuni?

Menukil kitab Al-Taubat Ila Allah karya Yusuf Qardhawi yang diterjemahkan Irfan Maulana Hakim, tobat dapat menghapuskan dan menghancurkan dosa-dosa sebelumnya, sebagaimana Islam menghapuskan dosa-dosa yang dilakukan pada masa kekufuran.

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an surah At-Tahrim ayat 8.

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا تُوْبُوْٓا اِلَى اللّٰهِ تَوْبَةً نَّصُوْحًاۗ عَسٰى رَبُّكُمْ اَنْ يُّكَفِّرَ عَنْكُمْ سَيِّاٰتِكُمْ وَيُدْخِلَكُمْ جَنّٰتٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُۙ يَوْمَ لَا يُخْزِى اللّٰهُ النَّبِيَّ وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مَعَهٗۚ نُوْرُهُمْ يَسْعٰى بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَبِاَيْمَانِهِمْ يَقُوْلُوْنَ رَبَّنَآ اَتْمِمْ لَنَا نُوْرَنَا وَاغْفِرْ لَنَاۚ اِنَّكَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْ

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman, bertobatlah kepada Allah dengan tobat yang semurni-murninya. Mudah-mudahan Tuhanmu akan menghapus kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai pada hari ketika Allah tidak menghinakan Nabi dan orang-orang yang beriman bersamanya. Cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanannya. Mereka berkata, ‘Ya Tuhan kami, sempurnakanlah untuk kami cahaya kami dan ampunilah kami. Sesungguhnya Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu’.”

Sudah Tobat tapi Maksiat Lagi?

Masih dari kitab Al-Taubat Ila Allaah, hendaknya kaum muslim tidak berputus asa untuk bertobat, walaupun terus menerus mengulanginya setiap kali berbuat dosa kembali.

Tidak seorang pun berputus asa dari rahmat Allah SWT, kecuali orang-orang kafir.

Dalam kitab Riyadhus Shalihin karya Imam Nawawi terdapat hadits yang menjelaskan hal ini. Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda,

“Jikalau seorang hamba melakukan suatu dosa lalu ia berkata, ‘Ya Allah, ampunilah dosaku,’ maka Allah SWT berfirman, ‘Hamba-Ku melakukan sesuatu yang berdosa, lalu ia mengerti bahwa ia mempunyai Tuhan yang dapat mengampuni dosa dan dapat pula memberikan hukuman sebab adanya dosa itu.’

Kemudian apabila hamba itu mengulangi perbuatan dosanya lagi, lalu ia berkata, ‘Ya Tuhanku, ampunilah dosaku,’ maka Allah SWT berfirman, ‘Hamba-Ku melakukan sesuatu yang berdosa lagi, tetapi ia tetap mengetahui bahwa ia mempunyai Tuhan yang dapat mengampuni dosa dan dapat pula memberikan hukuman sebab adanya dosa itu.’

Seterusnya apabila hamba mengulangi dosa lagi lalu berkata, ‘Ya Tuhanku, ampunilah dosaku,’ maka Allah SWT berfirman, ‘Hamba-Ku berbuat dosa lagi, tetapi ia mengetahui bahwa ia mempunyai Tuhan yang dapat mengampuni dosa dan dapat pula memberikan hukuman sebab adanya dosa itu. Aku telah mengampuni dosa hamba-Ku itu, maka hendaklah ia berbuat sekehendak hatinya.” (Muttafaq ‘alaih)

Menurut Imam Nawawi, maksud dari “berbuat sekehendak hatinya” yaitu apabila seorang muslim berbuat dosa lalu segera bertobat, Allah SWT akan mengampuninya karena tobat telah melenyapkan dosa-dosa yang sebelumnya.

Berkaitan dengan perihal tersebut, Ibn Abu Dunya meriwayatkan bahwa Ali bin Abi Thalib RA berkata.

“Sebaik-baik kalian adalah orang yang banyak berbuat dosa, tetapi kemudian banyak bertobat.”

Ali ditanya, “Bagaimana jika ia mengulanginya?” Ali pun menjawab, “Hendaklah ia beristighfar dan bertobat kepada Allah.”

Ali ditanya lagi, “Bagaimana jika ia mengulanginya?” Ia pun menjawab, “Hendaklah ia beristighfar dan bertobat kepada Allah.”

Ali ditanya lagi, “Sampai kapan?” Ali menjawab, “Hingga setan merasa putus asa.”

Imam Al-Ghazali berkata, “Apabila kamu bertobat, lalu berbuat dosa lagi, segeralah bertobat. Katakan kepada dirimu, ‘Mudah-mudahan aku akan mati sebelum mengulangi perbuatan dosa lagi,’ begitu seterusnya. Sebagaimana engkau melakukan dosa dan mengulanginya, engkau juga harus bertobat dan terus-menerus mengulanginya.”

Gimana sudah cukup jelas kan? Jadi lakukan apapun sesuai syariat Islam ya.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *