Ragam  

Kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari Agar Tidak Ditiru Anak-Anak

HALOSMI.COM- Salah satu tahap tumbuh kembang anak yang bisa diperhatikan orang tua adalah kebiasaan mereka untuk meniru apa yang diucapkan dan dilakukan oleh ayah dan ibunya.

Tahap ini akan mulai terlihat ketika Si Kecil berusia satu tahun. Ini artinya, ayah dan ibu tentu harus menghindari semua kebiasaan buruk yang bisa ditiru anak.

Anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap berbagai hal dan belajar dengan cepat. Orangtua berperan sebagai role model yang setiap tingkah lakunya ditiru oleh anak.

Jadi, jika melihat anak mengembangkan perilaku buruk, bisa jadi ini didapatkan dari mengamati dan meniru orangtua.

Jika terus dibiarkan, tak jarang kebiasaan buruk ini tetap bertahan hingga dewasa.

Nah, berikut ini adalah kebiasaan buruk yang harus dihindari agar tidak ditiru anak-anak.

1. Merokok

Melihat orang tua merokok untuk mengatasi stres misalnya, dapat mengajarkan anak bahwa zat-zat tersebut memang dibutuhkan ketika menghadapi masalah dalam hidup.

Padahal seperti diketahui, rokok memiliki banyak kandungan yang dapat merusak kesehatan.

2. Kecanduan gadget

Dengan adanya perkembangan teknologi, gadget saat ini kerap digunakan sebagai alat untuk mengalihkan perhatian anak agar tetap tenang.

Tak jarang orang tua pun lebih banyak menghabiskan waktu untuk main gadget di rumah dibanding berinteraksi langsung dengan anak.

Nanti seiring bertambahnya usia anak, kebiasaan buruk orang tua inilah yang mungkin ditiru dan turut membuatnya jadi kecanduan gadget.

3. Mudah marah dan sulit kontrol emosi

Anak-anak umumnya masih belajar untuk mengontrol emosinya, termasuk saat marah atau sedih. Hal ini biasanya dipelajari anak dari orang tua di rumah.

Jika orang tua justru sering marah, berteriak, atau bertindak agresif, anak yang menyaksikan berisiko lebih mungkin turut memiliki masalah agresi atau kemarahan saat beranjak dewasa.

4. Sikap tidak hormat terhadap orang lain

Anak-anak dapat meniru sikap kurang hormat atau perilaku kasar terhadap orang lain jika mereka sering melihat hal tersebut dari orang dewasa di sekitar mereka.

5. Konsumsi alkohol secara berlebihan

Anak-anak yang tumbuh dengan melihat orang dewasa mengonsumsi alkohol secara berlebihan dapat menganggap ini sebagai perilaku yang normal dan dapat menirunya ketika mereka memiliki kesempatan.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *