Kemenhub Gelar Ramp Check di Terminal A Sukabumi

Suasana Ramp Check di Terminal Tipe A Kota Sukabumi (Sumber : HALOSMI.COM)
Suasana Ramp Check di Terminal Tipe A Kota Sukabumi (Sumber : HALOSMI.COM)

HALOSMI.COM – Demi melindungi keselamatan penumpang bus yang akan mudik lebaran, petugas Terminal tipe A Sukabumi Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan pemeriksaan kelaikan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) pada Rabu 3 April 2024.

Kepala Unit Pos Ram Check Terminal tipe A Kota Sukabumi, Sonny Zulkarnaen mengungkapkan bahwa ram check dilakukan setiap bus akan beroperasi mengambil penumpang.

“Jadi ramp check itu setiap kendaraan yang akan dipergunakan, kalau kir itu yang berkala setiap enam bulan mau dipergunakan atau tidak,” kata Sonny.

Mengenai pemeriksaan ram check , Sonny menuturkan, pemeriksaan yang dilakukan yang digunakan operasional bus tiap harinya seperti rem, lampu,, ban dan pendukung operasional bus lainnya seperti klakson dan wipper.

Pantauan di lapangan, hampir semua bus AKAP yang diperiksa di Pos Ramp Check Terminal tipe A Kota Sukabumi laik jalan dan beroperasi.

“Jadi kita periksa yang dipergunakan saja terutama rem, rem kita periksa tidak boleh kurang dari ketentuan, kemudian ban, ban depan tidak boleh vulkanisir, kemudian pendukungnya seperti lampu dan lainnya,” jelasnya

Sonny memastikan, ramp check yang dilakukan sudah sesuai standar ketentuan yang dikeluarkan oleh Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub RI.

Hal ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi supir bus ataupun penumpang yang kini kondisinya meningkat saat masa lebaran.

“Ram check itu dilakukan setiap hari setiap kendaraan akan digunakan, jadi kalau tidak digunakan itu nanti l berkala setiap 6 bulan sekali. Ramp check setiap hari 24 jam,” tutupnya.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *