Kenali 4 Ciri Mata Katarak yang Harus Diwaspadai

Foto : Doc. MSN

HALOSMI.COM- Katarak adalah suatu penyakit ketika lensa mata menjadi keruh dan berawan. Pada umumnya, katarak berkembang perlahan dan awalnya tidak terasa mengganggu. Namun, lama-kelamaan, katarak akan mengganggu penglihatan dan membuat pengidap merasa seperti melihat jendela berkabut, sulit menyetir, membaca, serta melakukan aktivitas sehari-hari.

Pada umumnya mata katarak di derita oleh seseorang yang telah menginjak usia lanjut, yakni 40 – 60 tahun. Namun, juga tidak menutup kemungkinan jika mata katarak juga dapat menimpa seseorang yang masih berada di usia muda atau bayi yang baru lahir sekalipun.

Berikut ini merupakan ciri – ciri mata katarak yang harus diwaspadai :

Terdapat lapisan kuning atau coklat

Pada gejala awal mata yang terkena katarak akan terlihat lebih kuning ataupun coklat. Pada kondisi tersebut akan menyebabkan penderita mata katarak tidak bisa melihat secara jelas khusunya pada saat malam hari.

Pada saat tertentu penderita mata katarak juga tidak akan peka terhadap cahaya lampu karena hal tersebut orang yang memiliki mata katarak sangat rentan mengalami kecelakaan, jika mengemudi pada malam hari.

Seperti melihat awan gelap

Salah satu ciri – ciri yang harus diwaspadai adalah seperti melihat awan gelap. Pada awalnya penderita katarak akan merasa bahwa dirinya melihat awan gelap pada mata dalam ukuran yang sangat kecil. Meskipun demikian, hal tersebut dapat membuat pandangan mata akan menjadi sedikit kabur.

Apabila hanya dibiarkan dalam waktu yang lebih lama, pandangan kamu akan mengabur dengan sepenuhnya. Lensa mata juga akan mengalami sebuah perubahan warna dan juga beberapa orang akan kesulitan untuk memfokuskan mata pada objek tertentu.

Mata Silau 

Ciri – ciri mata katarak yang harus diwaspadai berikutnya adalah mata silau. Umumnya mata yang terkena katarak tidak tahan terhadap cahaya, baik cahaya lampu maupun cahaya matahari. Bahkan biasanya juga akan merasa sangat sakit apabila terkena cahaya ataupun lampu.

Pada kondisi tersebut sebenarnya mata katarak yang belum terlalu parah dan dapat diobati dengan beberapa metode. Meskipun metode tersebut hanya untuk mencegah agar mata katarak tidak bertambah parah, bukan untuk menghilangkannya.

Pandangan Ganda 

Seseorang yang katarak memiliki gangguan penglihatan seperti pandangan ganda. Dimana ini merupakan kondisi melihat dua gambar dari satu objek yang berdekatan. Kondisi ini harus dianggap sebagai kondisi yang serius, karena beberapa penyebab memerlukan diagnosis serta pengobatan segera.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *