Ragam  

Kerap Mengganggu, Ini Tips Ampuh Usir Tokek dari Rumah

Ilustrasi Tokek. Foto: Istimewa.
Ilustrasi Tokek. Foto: Istimewa.

HALOSMI.COM – Kehadiran tokek di rumah kerap dirasa mengganggu. Meski tak terlalu berbahaya, namun suaranya yang nyaring di malam hari bisa bikin tidur jadi tak nyenyak.

Tak perlu khawatir, ada beberapa cara mengusir tokek dari rumah. Metode ini dilakukan tanpa bahan kimia apa pun alias alami.

Diketahui, Tokek adalah sejenis reptil yang bentuknya menyerupai cicak namun dengan ukuran yang besar. Sama seperti cicak, tokek juga dapat memutuskan atau menumbuhkan ekornya sendiri.

Tokek bisa dibilang hewan yang cukup berani. Hewan yang satu ini tak ragu menunjukkan keberadaannya pada penghuni rumah.

Di Indonesia sendiri, keberadaan tokek dikelilingi oleh banyak mitos. Salah satu yang paling tersohor adalah gigitan tokek yang tak bisa lepas dari tangan.

Berikut cara alami mengusir tokek di rumah, dikutip dari CNN Indonesia, Sabtu 11 November 2023.

Pakai Kulit Telur

Kulit telur diyakini bisa bikin tokek ketakutan. Keberadaan kulit telur membuat tokek menganggap wilayah tersebut tidak aman.

Kamu bisa menyebar kulit telur yang dipecah-pecah di area tokek berada. Ganti kulit telur setiap 3-4 hari agar tetap segar.

Pakai Sambal

Tokek bisa mengalami iritasi jika terkena senyawa capsaicin. Capsaicin adalah senyawa yang terdapat pada cabai sehingga bisa menimbulkan rasa pedas.

Encerkan saus sambal atau merica dengan air, lalu semprotkan di area tokek berada.

Kopi dan Tembakau

Campuran kopi dan tembakau diklaim bisa mengusir, bahkan membunuh tokek.

Campurkan ampas kopi dengan bubuk tembakau dan linting menjadi pelet kecil. Jadikan pelet tersebut sebagai pemancing tokek.

Setelah menggigit campuran tersebut, tokek akan kesakitan. Pasalnya, tembakau diketahui sangat beracun bagi tokek. (*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *