Ketahui Manfaat Minum Air Es Pada Tubuh!

HALOSMI.COM- Sering kali kita menganggap bahwa air es tidak baik untuk kesehatan, padahal minuman ini justru memiliki manfaat loh, yuk simak manfaat minum air we pada tubuh!

Air es sama halnya dengan air putih yang memiliki banyak manfaat.  Meminum air es menjadi salah satu cara untuk mencukupi kebutuhan air putih harian yakni sebanyak 2 liter atau 8 gelas per hari.

Sebenarnya tidak ada perbedaan antara air es dan air biasa jika sudah masuk ke dalam tubuh, karena suhu air es akan dihangatkan hingga seperti suhu di dalam tubuh.

Meskipun demikian, sebaiknya Anda tetap membatasi asupan air es. Jika dikonsumsi terlalu banyak, makanan atau minuman dingin bisa menyebabkan sakit kepala.

1.Pengganti cairan setelah olahraga Minum air es dapat membantu menggantikan cairan tubuh yang terbuang setelah melakukan olahraga.  Selain itu, air juga dapat membantu menurunkan suhu tubuh dan meringankan rasa lelah setelah berolahraga.

2.Menurunkan berat badan Minum air es atau air putih biasa dipercaya dapat menurunkan berat badan. Sebab, ketika air es masuk ke dalam tubuh, tubuh akan bekerja untuk menghangatkannya agar dapat sesuai dengan suhu di dalam tubuh.

Proses ini dapat membakar kalori yang bisa menujang metabolsme tubuh.  Sebaiknya Anda minum segelas air sebelum makan agar perut terasa lebih kenyang sehingga porsi makan berkurang.

3.Meredakan demam dan sakit tenggorokan Ketika demam atau sakit tenggorokan, banyak orang yang memilih untuk menghindari minum minuman dingin seperti air es.

Padahal, suhu panas di dalam tubuh dapat diredakan dengan meminum air es serta mengenakan pakaian yang yaman.  Minum air es saat demam dan sakit tenggorokan dapat mencegah dehidrasi dan mengurangi nyeri pada tubuh.

4.Mencegah dan mengatasi sembelit Minum banyak air putih, baik air dingin maupun air biasa, bisa membantu meringankan dan mencegah terjadinya sembelit, terutama bagi orang yang jarang minum cukup air. Jika Anda mengalami masalah kesehatan ini, Anda bisa mencoba menambah asupan cairan agar Buang Air Besar (BAB) lebih lancar.

5.Meringankan nyeri otot Saat mengalami nyeri otot karena keseleo, Anda bisa Caranya, kompres bagian yang nyeri dan bengkak dengan kain yang dibasahi air es. Kompres air es bisa mengurangi pembengkakan dan nyeri. Selain dengan air es, Anda bisa juga selingi dengan kompres air hangat untuk melancarkan aliran darah pada otot.

Memecah batu ginjal Penyakit batu ginjal bisa disebabkan oleh beragam faktor, salah satunya adalah kebiasaan kurang minum air.

Mencukupi kebutuhan cairan dapat membantu kerja ginjal untuk mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal dan mengeluarkan batu ginjal yang masih berukuran kecil.

Jika bosan minum air biasa, coba tambahkan perasan air lemon atau jeruk nipis pada air putih dingin untuk memberikan rasa asam.

Selain itu, rasa asam yang dirasakan karena adanya zat asam sitrat pada lemon dipercaya dapat menghambat pembentukan batu ginjal.

Nah sudah tau kan mafaatnya jangan berburuk sangka dulu terhadap es ya, tapi jangan berlebihan juga guys.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *