Kodim 0607/Kota Sukabumi Bersama Forkominda Gelar Deklarasi Pemilu Damai

Penandatanganan deklarasi pemilu damai yang dilaksanakan di Makodim 0607/Kota Sukabumi, Senin 6 November 2023. Foto Nuria Ariawan/HALOSMI.
Penandatanganan deklarasi pemilu damai yang dilaksanakan di Makodim 0607/Kota Sukabumi, Senin 6 November 2023. Foto Nuria Ariawan/HALOSMI.

HALOSMI.COM – Kodim 0607/Kota Sukabumi bersama dengan Forkominda menggelar deklarasi pemilu damai. Kegiatan yang dihadiri oleh pimpinan Partai Politik (Parpol) ini diselenggarakan di Makodim 0607/Kota Sukabumi, pada Senin 6 November 2023.

Dandim 0607/Kota Sukabumi, Letkol Inf. Yudhi Hariyanto, mengatakan pelaksanaan deklarasi pemilu damai di tingkat Jawa Barat ini juga dilaksanakan di Kabupaten Ciamis, kemudian di tingkat kabupaten kota juga dilaksanakan serentak.

“Jadi agenda hari ini kita baru saja mengadakan deklarasi Pemilu damai. Kemudian di tingkat kabupaten kota juga kita melaksanakan secara serentak, terutama yang di Provinsi Jawa Barat dan Banten,” ujar Yudhi, kepada awak media.

Berkaitan dengan pengamanan pemilu sendiri, kata Yudhi, sesuai dengan Undang-Undang itu TNI hanya membantu polri. Pasalnya, leading sektor pelaksanaan pengamanan pemilu itu dari polri dan mekanismenya sudah diatur, sedangkan dari TNI hanya membantu.

“Untuk pengamanan pemilu sendiri sebetulnya kita sesuai undang-undang membantu polisi, Jadi sebetulnya leading sektornya itu dari polri, TNI hanya membantu,” ungkapnya.

Dalam pengamanan pemilu 2024, lanjut Yudhi, pihaknya menyiapkan 400 personel yang tersebar di masing-masing Koramil di wilayah Kodim 0607/Kota Sukabumi.

“Untuk kota kabupaten kita siapkan sekitar 400 personel, yang tersebar di koramil-koramil termasuk juga ada di Makodim,” tandasnya.

Sementara itu, Pj Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, mengatakan sesuai dengan yang disampaikan dalam kegiatan deklarasi pemilu damai ini Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi berharap pemilu dapat berjalan dengan kondusif.

“Ya tadi sudah disampaikan, Insya Allah pemilu di Kota Sukabumi tahapannya akan damai ya, dari mulai persiapan, pelaksanaan dan tentunya nanti pasca. Insya Allah dengan deklarasi ini kita kompak semua,” pungkasnya. (*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *