“bjb

Kodim 0607/Kota Sukabumi Gelar Vicon Gerakan TNI Manunggal Air

Kodim 0607/Kota Sukabumi memberikan sembako kepada masyarakat usai menggelar kegiatan vicon Gerakan TNI Manunggal Air bersama Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, dilokasi sumur pompa, di Kampung Lewi Bolang, RT 05/03, Desa Sukamulya, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, pada Selasa, 6 Februari 2024. Foto: Humas Kodim 0607/Kota Sukabumi.
Kodim 0607/Kota Sukabumi memberikan sembako kepada masyarakat usai menggelar kegiatan vicon Gerakan TNI Manunggal Air bersama Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, dilokasi sumur pompa, di Kampung Lewi Bolang, RT 05/03, Desa Sukamulya, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, pada Selasa, 6 Februari 2024. Foto: Humas Kodim 0607/Kota Sukabumi.

HALOSMI.COM – Dalam rangka mensukseskan Program TNI Manunggal Air, Kodim 0607/Kota Sukabumi menggelar kegiatan vicon Gerakan TNI Manunggal Air bersama Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, dilokasi sumur pompa, di Kampung Lewi Bolang, RT 05/03, Desa Sukamulya, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, pada Selasa, 6 Februari 2024.

Kegiatan vicon ini secara terpusat dilaksanakan oleh Kasad Jendral TNI Maruli Simanjuntak dalam kegiatan peresmian 1.898 titik air yang disiarkan langsung dari Desa Bobana Indah, Kecamatan Patani, Halmahera Tengah, Maluku Utara.

Kegiatan tersebut dihadiri Dandim 0607/Kota Sukabumi, Danyon Armed 13/Nanggala, unsur Fokopimcam Cikembar, Pasiter, Babinsa, Kades Sukamulya dan anggota staf serta perwakilan masyarakat Kampung Lewi Bolang.

Pada kegiatan tersebut, Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, menyampaikan, dirinya mengajak pemerintah daerah dan juga para donatur bersama TNI AD untuk bisa lebih memasifkan lagi tentang air bersih. Ia menyebut, sampai dengan saat ini sudah sekitar 1.788 titik air bersih yang sudah dibuat oleh TNI AD. Namun demikian hal itu baru bisa berpengaruh terhadap sekitar 820.000-an masyarakat yang memerlukan air bersih. Pasalnya, secara data itu di Indonesia baru sekitar 9,9 persen. Artinya, masih sangat banyak sekali masyarakat yang memerlukan air bersih.

“Mudah-mudahan tahun ini kita bisa lipat gandakan lagi dalam pembuatan jumlah titik-titik sumur untuk sarana air bersih. Saya kira tidak ada hal yang mustahil kalau kita bekerja sama dengan semua unsur yang terkait dalam hal ini,” ujar Maruli.

Lebih lanjut kata Maruli, “Kami TNI AD sudah banyak sekali membuat kegiatan sosial seperti, sunatan massal, pengobatan massal, perbaikan rutilahu, perbaikan tempat ibadah, tapi yang sering menjadi sumber permasalahan itu adalah air yang berpengaruh pada kemiskinan maupun stunting, masyarakat tidak bisa bertani, tidak bisa beternak itu adalah masalahnya pada air,” papar Maruli.

“Nah, untuk itu kita buatkan sarana air bersih ini, kemudian kalau bisa bermanfaat untuk jadi sanitasi, jadi pertanian, sehingga ekonomi masyarakat akan lebih baik. Jadi sangat penting sekali dengan adanya air bersih, antara air bersih, kemiskinan dan stunting itu biasanya sangat identik,” tandasnya.

Sementara, Dandim 0607/ Kota Sukabumi, Letkol Inf. Yudhi Hariyanto, menjelaskan ada beberapa titik lokasi bantuan program air bersih di wilayah Kodim 0607/Kota Sukabumi, diantaranya bantuan dari Pangkostrad di Kampung Leuwi Bolang, RT 05/03, Desa Sukamulya, Kecamatan Cikembar, dengan peruntukan bagi 55 KK 159 jiwa.

“Lokasi kedua di Kampung Nagrak
RT 04/06, Desa Limbangan
Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi. Peruntukan 60 KK 190 jiwa,” katanya.

Selain itu, lanjut dia, bantuan dari Kementerian Pertahanan (Kemenhan) yang berlokasi di Kampung Leweng Datar, RT 01/16, Desa Sukasirna, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, dengan peruntukan bagi 150 KK 200 jiwa.

“Kemudian bantuan dari PT. Starcom Sumur bor, lokasi di Kampung Pasir Baliung, RT 03/04, Desa Bojongkokosan, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. Peruntukan 151 KK 473 jiwa,” pungkasnya. (*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *