Ragam  

Lakukan 4 Kebiasaan ini Untuk Terus Membuatmu Cerdas dan Pintar Hingga Usia Tua

Foto : doc. Pinterest

HALOSMI.COM- Kecerdasan seseorang tidak hanya bisa dimiliki dari gen atau keturunan saja, tapi sebagain besar perlu diasah dengan rajin belajar dan kebiasaan lainnya yang mendukung berkembangnya kecerdasan otak. Apalagi jika kamu memiliki dasar yang sudah pintar, jika terus di asah semua akan melekat hingga tua nanti.

Ada beberapa kebiasaan untuk kamu bisa terus mengasah otak agar tetap cerdas dan pintar hingga usia tua, Berikut diantaranya :

Membuat List Pertanyaan dan Cari Jawabannya 

Untuk memiliki banyak pengetahuan, kita harus terus mencari tahu hal apa yang tidak kita ketahui. Memiliki rasa ingin tahu terhadap segala hal yang ada di sekitar kita itu sangat seru. Hal ini dikarenakan ada begitu banyak hal yang pasti tidak kita ketahui tentang segala sesuatu dunia ini.

Baca juga : 4 Warna Baju yang Cocok di Gunakan Untuk Kulit Sawo Matang

Setelah merasa ingin tahu, jangan hanya berhenti dengan pertanyaan di kepalamu, tapi coba mencatat semua pertanyaan dan lakukan follow up dengan mencari tahu jawabannya. Apalagi zaman sekarang mudah sekali mencari jawaban atas sebuah pertanyaan dengan gawai yang kita punya.

Membaca 

Membaca mungkin adalah kebiasaan kolot yang dilakukan dan di sarankan oleh orang tua zaman dahulu. Namun memang tidak bisa di pungkiri, dengan membaca bukan hanya mampu menambah wawasan dan pengetahuan tapi juga melatih otak untuk tetap aktif bekerja dan mengingat informasi yang belum pernah kita tahu.

Orang cerdas selalu lebih banyak tahu tentang segala hal. Tidak harus lunas membaca satu buku setiap hari, bahkan sekadar membaca satu lembar infografis saja sudah mampu memberi kita informasi tentang sesuatu. Baca juga artikel yang bukan hanya sepaham dengan sudut pandangmu, tapi juga yang bertolak belakang karena itu berpotensi memperluas pikiran dan perspektif kita.

Main Games

Tidak semua games memiliki dampak yang buruk. Sebetulnya bermain games dengan secara normal dan tidak berlebihan itu malah akan membuat otak kita terus terasah.

Baca juga : Solusi Buat Kamu yang Sering Bilang ” Bawa Casan Gak? Hp Aku Cepet Lowbat Soalnya” : Dijamin Awet Seharian

Bukan hanya seru tapi mai games juga bisa melatih kecerdasan otak dibandingkan hanya duduk diam nonton TV. Ketika memainkan permainan, entah itu teka teki silang, mencocokkan gambar atau bahkan gim kekinian secara online, membantu otak berpikir cermat dan cerdik sehingga akan membantu melatih kecerdasan otak kanan.

Olahraga 

Bukan hanya berguna untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, tapi juga berolahraga dapat mencerdaskan otak. Seiring bertambahnya usia, sel-sel otak akan berkurang dan mati jika tidak dijaga, dan salah satu cara menjaga kebugaran otak adalah dengan olahraga.

Ketika olahraga, tubuh akan bekerja lebih keras dan oksigan akan dihirup lebih banyak sehingga jantung memompa darah yang mengangkut oksigen ke otak lebih banyak, proses ini akan membantu kesehatan sel-sel otak sehingga lebih encer dan cerdas dalam berpikir.(*)

 

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Editor: Putri Ayu Ratna Sari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *