“bjb
Ragam  

Lakukan Diet Vegan Demi untuk Menurunkan Berat Badan, Berikut 4 Manfaat Lainnya yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Lovian inc

HALOSMI.COM- Diet vegan merupakan jenis diet yang menghindari konsumsi semua produk hewani, termasuk daging, ikan, unggas, produk susu, telur, dan semua bahan makanan yang berasal dari hewan. Diet ini didasarkan pada prinsip etika yang menghormati hak-hak hewan dan juga dapat berhubungan dengan kepedulian terhadap kesehatan dan lingkungan.

Sebagai gantinya, diet vegan didasarkan pada konsumsi makanan yang diperoleh dari tumbuhan, seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, dan produk-produk nabati lainnya. Diet ini biasanya kaya akan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan, yang dapat memiliki banyak manfaat kesehatan. Selain mampu menurunkan berat badan, ada 4 manfaat lain yang bisa kamu dapatkan. Berikut diantaranya :

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung 

Mengonsumsi kacang, biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran bisa bermanfaat bagi kesehatan jantung. Menurut studi, penganut diet vegan memiliki risiko 75% lebih rendah terkena tekanan darah tinggi.

Beberapa penelitian juga menyebut diet vegan jauh lebih efektif dalam mengurangi gula darah, kolesterol LDL (jahat), dan kadar kolesterol total. Hal ini sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung karena bisa mengurangi risiko penyakit jantung hingga 46%.

Menurunkan Risiko Kanker 

Menurut WHO, sepertiga jenis kanker bisa dicegah dengan mengendalikan pola makan. Penganut diet vegan mengonsumsi lebih banyak kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran dibandingkan nonvegan. Menurut studi tahun 2017, penganut diet vegan memiliki risiko 15% lebih rendah terkena kanker.

Konsumsi legum secara teratur bisa mengurangi risiko kanker kolorektal sebesar 9–18%. Menurut National Cancer Institute, konsumsi makanan nabati dalam jumlah besar bisa mengurangi risiko beberapa jenis kanker, seperti kanker usus besar, prostat, pankreas, dan payudara.

Kaya Akan Nutrisi 

Diet vegan merupakan pola makan dengan hanya mengonsumsi produk nabati dan menghindari semua daging dan produk hewani. Sebagai gantinya, penganut diet vegan akan mengonsumsi makanan lain seperti kacang, biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Menurut penelitian, diet vegan menyediakan lebih banyak serat, antioksidan, dan senyawa tanaman yang bermanfaat. Mulai dari zat besi, magnesium, folat, hingga vitamin A, C, dan E.

Mengurangi Rasa Sakit Radang Sendi 

Beberapa penelitian menyebut diet vegan memiliki efek positif pada orang dengan berbagai jenis radang sendi. Diet vegan terbukti membantu memperbaiki gejala rheumatoid arthritis, termasuk nyeri, pembengkakan sendi, dan kekakuan di pagi hari. Hal ini lantaran makanan pada diet vegan mengandung antioksidan, probiotik, dan serat tinggi yang baik untuk sendi.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *