“bjb
Ragam  

Langkah Mudah Membersihkan Makeup Waterproof yang Wajib kamu Ketahui, jauh Dari Kata iritasi!

Foto: Doc. Berkeluarga

HALOSMI.COM- Makeup waterproof adalah jenis makeup yang dirancang khusus agar tahan terhadap air dan air mata. Makeup ini cocok digunakan saat kamu berada di lingkungan yang lembap, berenang, berolahraga, atau menghadiri acara di mana kamu mungkin berkeringat atau berpotensi terkena air, seperti pernikahan, acara outdoor, atau festival musik.

Namun, salah satu PR yang harus diperhatikan saat memakai makeup waterproof adalah cara membersihkan yang tepat. Sisa makeup yang tidak dibersihkan dengan maksimal bisa menyebabkan pori-pori tersumbat yang memicu munculnya jerawat. Nggak cuma itu, teknik membersihkan yang salah juga bisa memicu iritasi pada kulit.

Maka dari itu, ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan pada saat membersihkan makeup, berikut diantaranya:

Bersihkan Area Mata

Mata merupakan area wajah paling sensitif karena memiliki jaringan kulit lebih tipis. Nggak heran kalau bagian yang satu ini rentan mengalami iritasi dan kemerahan jika terlalu keras saat membersihkan makeup.

Langkah yang tepat saat membersihkan area mata adalah dengan menuangkan 2-3 tetes eye makeup remover pada kapas. Tempelkan kapas tersebut selama 20-30 detik supaya zat makeup luruh sehingga mudah dibersihkan. Setelah itu, usapkan kapas dengan lembut untuk memastikan sisa makeup bersih maksimal.

Bersihkan Area Wajah

Membersihkan area wajah bisa jadi tantangan tersendiri. Terlebih jika foundation yang digunakan memiliki formula waterproof yang nggak mudah luntur saat terkena keringat atau air sekalipun. Nah, kunci membersihkan wajah dengan tepat adalah dengan memilih pembersih dengan formula khusus.

Kamu bisa memilih makeup remover yang berbahan dasar minyak karena lebih mudah melarutkan zat makeup dan kotoran yang menempel. Tuangkan secukupnya pada telapak tangan, aplikasikan pada wajah dengan cara memijat lembut menggunakan gerakan melingkar. Aplikasikan secara merata pada seluruh wajah. Setelah itu, bersihkan sisa oil cleanser dengan kapas secara lembut.

Bersihkan Area Pipi

Sisa blush on yang menempel di area pipi wajib dibersihkan secara maksimal supaya tidak menimbulkan jerawat membandel. Terlebih jika kamu menggunakan jenis cream blush yang memiliki tekstur lebih pekat dan menempel pada kulit. Penting untuk membersihkan wajah dengan tepat agar hasilnya maksimal.

Tuang makeup remover pada kapas lalu usapkan perlahan ke daerah pipi. Gunakan gerakan memutar ke atas sampai melewati bagian telinga. Ulangi cara ini dengan lembut sampai kamu sudah memastikan kalau wajah bersih.

Bersihkan Area Bibir

Penggunaan lipstik dengan tekstur creammy hingga matte sering banget meninggalkan bekas mengering yang sulit dibersihkan, misalnya saja di garis bibir yang mudah terlihat. Supaya bisa membersihkan wajah dengan maksimal tanpa ada sisa makeup yang bikin bibir menghitam, coba saja aplikasikan minyak zaitun. Minyak zaitun bekerja dengan cara melarutkan minyak alami pada wajah, produk makeup yang dipakai, hingga sisa kotoran yang tertinggal. Gosok perlahan hingga lipstik terangkat bersih.

Setelah sisa makeup dan kotoran terangkat maksimal lewat proses pembersihan wajah menggunakan cleanser, sekarang waktunya melanjutkan ke step berikutnya. Mencuci wajah dengan air sangat penting untuk menyempurnakan proses pembersihan wajah dari residu makeup dan produk cleanser yang masih tertinggal. Jadi, wajah bisa terlihat bersih maksimal.(*)

 

 

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *