“bjb

Lansia di Sukabumi Selamat Setelah Terjebak Longsor Selama 3 Jam

Korban Akhirnya Dapat Dievakuasi Setelah Membutuhkan Waktu 3 Jam (Sumber : Istimewa)
Korban Akhirnya Dapat Dievakuasi Setelah Membutuhkan Waktu 3 Jam (Sumber : Istimewa)

HALOSMI.COM – Tertimbun longsor selama 3 jam dari longsoran bukti setinggi 4 meter, seorang lansia, Ija (60) warga Kampung Cilutung RT 02 RW 06, Desa Girijaya, Kecamatan Warungkiara, Kabupaten Sukabumi, lolos dari maut setelah diselamatkan tim SAR dan warga. Korban kini menjalani perawatan intensif Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sekarwangi, Cibadak.

Kapolsek Warungkiara, AKP Nandang Herawan menuturkan, korban saat kejadian sedang melakukan aktivitas tambang pasir bersama salah seorang saudarnya, Ica (45) di lahan pribadinya. Korban tepat berada di bawah longsoran dari sebuah bukit setinggi 4 meter.

“Saat kejadian, korban sedang menambang dengan saudaranya, tiba-tiba ada longsoran dari atas bukit dan langsung menimpa korban (Ija),” kata Nandang, Rabu, 1 November 2023.

Korban tertimbun di dalam sebuah lobang tambang tempat dirinya mencari pasir, lanjut Nandang, korban bisa bertahan meskipun harus dibantu dengan oksigen saat melakukan evakuasi terhadap korban.

Cukup sulit untuk mengeluarkan korban dari dalam lobang, karena selain tertimbun, kondisi lobang pun sempit hingga diperlukan waktu kurang lebih 3 jam untuk mengeluarkan korban.

“Alhamdulillah, korban bisa diselamatkan meskipun kini kondisinya dalam perawatan intensif rumah sakit Sekarwangi Cibadak,” jelas Nandang.

Mengenai ijin dari aktivitas penambangan yang dilakukan korban, Nandang tak memungkiri bahwa aktifitas yang dilakukan tidak memiliki ijin. Korban melakukan penambangan dengan sepengatahuan dirinya saja.

Korban hanya melakukan penambangan berdua saja selama ini untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga dan lahan bukti yang ditambang pun milik korban sendiri.

“Ijinnya memang gak ada, tapi korban menambang di tanahnya sendiri,” tandas Nandang.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *